Kenali
Pentingnya Manajemen Proyek untuk Keberhasilan Proyek
Putri Virginia Valensi (@A15-Putri)
Abstrak
manajemen proyek adalah salah satu aspek yang
cukup penting, terutama ketika perusahaan sedang mengurus proyek-proyek
besar. pentingnya Manajemen Proyek ialah usaha bersifat sementara yang
dilakukan untuk menciptakan produk yang unik, layanan,atau hasil. Definisi
tersebut diperjelas dengan karakteristik proyek, di antaranya menghasilkan sesuatu
yang unik, terdiri dari kegiatan yang saling terkait, menghasilkan deliverables
berkualitas, yang melibatkan beberapa sumberdaya, dan didorong oleh kendala keterbatasan.
Kata Kunci : Manajemen
Proyek, Proyek
Abstract
Project management is
one aspect that is quite important, especially when the company is taking care
of large projects. The importance of Project Management is the temporary effort
undertaken to create a unique product, service, or result. The definition is
clarified by the characteristics of the project, including producing something
unique, consisting of interrelated activities, producing quality deliverables,
involving several resources, and being driven by constraints.
Keywords: Project Management, Project
Pendahuluan
Dalam empat dekade terkini, manajemen proyek telah
menjadi sebuah tema penting bagi organisasi yang mengedepankan pengelolaan
proses bisnisnya secara profesional dan modern. Fenomena ini disadari oleh
organisasi berskala besar maupun kecil; pemerintah maupun swasta. Perkembangan
organisasi yang terus bergerak maju mengikuti perkembangan zaman berdampak pada
munculnya gagasan pengembangan aneka produk unggulan organisasi yang dikelola pada
level proyek,program, dan portofolio.
Menurut Noerlina (2008) membangun manajemenproyek yang
baik mampu menciptakan tahap pelaksanaan proyek lebih terperinci dan efisien. Perusahaan
perlu berupaya untuk meningkatkan kualitas jasa yang diberikan dengan
melalui pembuatan perencanaan yang terstruktur, sehingga lebih
optimaldalam penggunaan sumber daya yang akan berdampak pada efesiensi kinerja
internal perusahaan.
Banyak perusahaan telah mengakui pentingnya menerapkan
sistem informasi yang terintegrasi diperusahaan mereka, maka tidak sedikit dari
merekayang mulai menjamah teknik manajemen yang baru,yaitu manajemen proyek
untuk sistem informasi, dimana merupakan suatu cabang dari ilmu manajemen yang
digunakan untuk mengestimasi waktu, sumberdaya, dan biaya serta risiko yang
dapat ditimbulkan dari pelaksanaan suatu proyek sistem informasi (Suryantodkk
2009). Berdasarkan hakikatnya, proyek dapat didefinisikan sebagai “Rangkaian
usaha dalam jangka waktu tertentu yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah
produk atau jasa/ pelayanan unik tertentu, dilaksanakan oleh manusia dengan
memanfaatkan berbagai sumber daya,melalui rangkaian proses perencanaan,
eksekusi, dan control.
Permasalahan
Biasanya permasalahan yang sering terjadi pada sebuah
proyek yang gagal karena menurunnya performa kerja, ataupun ada kendala tertentu,
dan keterbatasan dalam menjalankan sebuah proyek.
Pembahasan
Dari permasalahan diatas kita harus mengenal dan
memahami apa itu manajemen proyek, fungsi manajemen proyek, tujuan dari manajemen
proyek, aspek aspek yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan proyek. Berikut
penjelasanya :
A.
Apa itu manajemen proyek ?
Manajemen Proyek adalah ilmu dan
seniberkaitan dengan memimpin dan mengoordinirsumber daya yang terdiri dari
manusia danmaterial dengan menggunakan teknikpengelolaan modern untuk mencapai
sasaranyang telah ditentukan, yaitu: lingkup, mutu, jadwal, dan biaya, serta
memenuhi keinginan stakeholder.
Menurut Dimyati dan Nurjaman (2014),Manajemen
proyek merupakan prosesmerencanakan, mengorganisasikan,memimpin, dan
mengendalikan kegiatananggota organisasi serta sumber daya lainnyasehingga
dapat mencapai sasaran organisasitelah ditentukan sebelumnya (Soeharto,1999).
B.
Fungsi manajemen Proyek ?
Fungsi Manajemen ProyekBeberapa
fungsi dari manajemen proyek (Dimyatidan Nurjaman, 2014), adalah
1. Fungsi
perencanaan (Planning)Fungsi ini bertujuan dalam pengambilankeputusan yang
mengelola data daninformasi yang dipilih untuk dilakukan dimasa mendatang,
seperti menyusun rencana jangka panjang dan jangka pendek, dan lain-lain.
2. Fungsi
Organisasi (Organizing)Fungsi organisasi bertujuan untukmempersatukan kumpulan
kegiatan manusia,yang memiliki aktivitas masing-masing dansaling berhubungan,
dan berinteraksi denganlingkungannya dalam rangka mencapaitujuan organisasi,
seperti menyusun lingkupaktivitas, - lain.
3. Fungsi
Pelaksanaan (Actuating) Fungsipelaksanaan bertujuan untuk menyelaraskanseluruh
pelaku organisasi terkait dalammelaksanakan kegiatan/ proyek, sepertipengarahan
tugas serta motivasi, dan lain-lain.
4. Fungsi
Pengendalian (Controlling) Fungsipengendalian bertujuan untuk mengukurkualitas
penampilan dan penganalisisan sertapengevaluasian kegiatan, sepertimemberikan
saran-saran perbaikan, dan lain-lain.
C.
Tujuan dari manajemen proyek ?
1. Efisiensi,
baik dari segi biaya,sumber daya maupun waktu.
2. Kontrol
terhadap proyek lebihbaik, sehingga proyek bisa sesuai denganscope, biaya,
sumber daya dan waktu yangtelah ditentukan.
3. Meningkatkan
kualitas
4. Meningkatkan
produktifitas
D.
Aspek – aspek yang perlu diperhatikan
dalam penyelenggaran proyek
terdapat berbagai aspek yang harus
diperhatikan penyelenggara agar proyek dapat berjalan sesuai dengan rencana.
Menurut Project Management Institute
sendiri, berikut adalah 10 aspek yang harus diperhatikan dalam project
management.
· integrasi
· ruang
lingkup proyek
· waktu
· biaya
· kualitas
· procurement
· sumber
daya manusia
· komunikasi
· manajemen
risiko
· manajemen
stakeholder
Nah, aspek paling penting dari
kesepuluh aspek project management di atas adalah ruang lingkup proyek yang
merupakan inti dari keseluruhan acara. Jika ada perubahan dari ruang lingkup
proyek, biaya, waktu, dan aspek lainnya juga akan ikut berubah.
A.
Kesimpulan
Manajemen proyek merupakan suatu usaha merencanakan, mengorganisasi,
mengarahkan, mengkoordinasi,dan mengawasi kegiatan dalam proyek sedemikian rupa
sehingga sesuai dengan jadwal waktu dana anggaran yang telah ditetapkan. Suatu
pekerjaan rutin biasanya berlangsung secara kontinu,berulang-ulang dan berorientasi
keproses. Sebagai suatu proses yang terus menerus, pekerjaan yang rutin tidak
di anggap suatu proyek. Manajemen Proyek dibutuhkan untukdapat meningkatkan
keuntungan perusahaan, tetapi disisi lain peningkatan atas permintaan proyek
tersebut dapat menjadi masalah dalam perusahaan apabila tidak memiliki
manajemen perusahaan yang baik.Manajemen proyek dibuat untuk dapat menghindari atau
meminimalisir kegagalan dan resiko proyek(Noerlina, 2008). Manajemen yang baik
terkait denganmenejemen aktivitas seperti penjadwalan, pengelolaan human
resource yang mana akan berujung padaestimasi biaya proyek yang perlu
dianggarkan perusahaan
Saran
Saran saya sebelum menyelenggarakan suatu proyek kita
harus kenali pentingnya manajemen proyek terlebih dahulu untuk suatu
keberhasilan proyek, karena Proyek memiliki jangka waktu tertentu, yangberarti
bahwa rangkaian aktivitas tersebut memiliki titik mulai dan titik selesai yang
pasti (ditargetkan)
Daftar Pustaka
Suryanto dkk. 2009. Evaluasi Manajemen Proyek.Jakarta
Aliya, H. 2021. Penting untuk Kesuksesan Proyek
Perusahaan, Kenali Metode Project Management.Jakarta
Kevin.2019.Pemahaman Manajemen Proyek.Surakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.