Halaman

07 September 2022

Mengintip Peran Project Manager dalam Manajemen Proyek (Project Management)

 

Oleh : Ellyza Tri Septianingrum (@A14-Ellyza)


ABSTRAK

            Dalam sebuah proyek, seringkali dibutuhkan manajemen. Secara sederhana, manajemen dalam sebuah produk berfungsi dalam melakukan pengaturan terhadap setiap komponen dalam suatu proyek. Hal tersebut mendorong lahirnya salah satu focus kajian yang bernama manajemen proyek industri.  Saat ini sudah sering kita lihat dalam sebuah industri terdapat adanya divisi project management yang memang dikhususkan dalam memantau kegiatan proyek dalam suatu perusahaan tersbut. Managemen proyek ini umumnya berbentuk divisi atau tim yang terdiri dari beberapa individu. Individu yang menjalankan aktivitas atau tugas – tugas project management disebut dengan project manager atau manager proyek. Adanya project management ini membuat sebuah proyek atau kegiatan perusahaan berjalan dengan lebih terukur, terstruktur, dan sesuai dengan tujuan.

Keyword         : Proyek, Manajemen, Manajemen Proyek, Project Manager

            In a project, management is often required. In simple terms, management in a product functions in managing each component in a project. This prompted the birth of a focus of study called industrial project management. Nowadays, we often see in an industry that project management division is devoted explicitly to monitoring project activities within a company. Project management is generally in the form of divisions or teams consisting of several individuals. Individuals who carry out project management activities or tasks are called project managers or project managers. This project management makes a project or company activity run more measurably, structured and follows the objectives.

Keyword         : Project, Management,  Project Management, Project Manager

 

PENDAHULUAN

            Istilah manajemen sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Hampir semua aspek pekerjaan maupun kehidupan sehari – hari menerapkan perilaku manajemen dalam menjalaninya. Namun, taukah kita apa arti sebenarnya dari sebuah manajemen ? Manajemen berasal dari kala to manage, yang berarti mengelola. Namun secara konseptual, manajemen berarti suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan menggunakan prinsip – prinsip manajemen, dengan memberdayakan sumber daya manajemen dalam rangka mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien.

Manajemen ini penting diterapkan dalam kegiatan sehari – hari maupun dalam kegiatan professional, salah satunya ialah dalam sebuah proyek. Adanya manajemen yang diterapkan dalam sebuah proyek disebut dengan manajemen proyek. Manajemen proyek yaitu sebuah aktivitas untuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pengontrolan sumber daya organisasi yang berguna untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dan sumber daya tertentu. Dalam sebuah perusahaan, umunya terdapat satu divisi yang memang dikhususkan untuk menjalankan fungsi manajemen dalam setiap proyek. Divisi tersebut ialah divisi project management, dan orang – orang yang berada dalam divisi tersebut disebut dengan project manager.

            Dari uraian di atas, maka terdapat beberapa permasalahan yang akan kita bahas pada bagian selanjutnya.


PERMASALAHAN

1.      Apakah yang dimaksud dengan Project Management ?

2.      Apakah fungsi dari Project Management ?

3.      Apa sajakah tugas dari Project Manager ?


PEMBAHASAN

1.      Project Management

Project Management atau Manajemen proyek adalah suatu disiplin ilmu dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan dan mengendalikan), untuk bisa mencapai tujuan-tujuan proyek. Atau manajemen proyek adalah suatu disiplin ilmu yang menerapkan pengetahuan, keahlian serta keterampilan, secara teknis yang terbaik dan juga dengan sumber daya yang terbatas untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah ditentukan supaya mendapatkan hasil yang maksimal dalam kinerja, waktu, mutu dan keselamatan kerja.

Pengertian lain dari Project Management yaitu sebuah aktivitas untuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pengontrolan sumber daya organisasi yang berguna untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dan sumber daya tertentu. Dalam sebuah perusahaan, umunya terdapat satu divisi yang memang dikhususkan untuk menjalankan fungsi manajemen dalam setiap proyek. Divisi tersebut ialah divisi project management, dan orang – orang yang berada dalam divisi tersebut disebut dengan project manager.

 

2.      Fungsi Project Management

A.    Mencakup (Scooping), yang menerangkan tentang batas-batas dari suatu proyek

B.     Perencanaan (Planning), mengidentifikasi tugas apa saja yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu proyek.

C.     Perkiraan (Estimating), masing-masing tugas yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu proyek harus diperkirakan

D.    Penjadwalan (Scheduling), seorang manajer proyek harus bertanggung jawah terhadap penjadwalan semua aktivitas sebuah proyek.

E.     Pengorganisasian (Organizing) seorang manajer proyek memastikan bahwa semua anggota tim dari sebuah proyek mengetahui peran dan juga tanggung jawab setiap orang dan hubungan laporan mereka kepada manajer proyek.

F.      Pengarahan (Directing) mengarahkan semua kegiatankegiatan tim didalam proyek

G.    Pengontrolan (Controlling) fungsi pengontrolan atau pengendalian ini kemungkinan adalah fungsi paling sulit dan juga paling penting untuk seorang manajer apakah proyek akan berjalan semestinya atau tidak.  

H.    Penutupan (Closing), manajer proyek seharusnya selalu memberi penilaian keberhasilan atau kegagalan kepada kesimpulan dari suatu proyek yang dijalani.

 

3.      Tugas Project Manager

 

Ø  Membuat Rencana Proyek

Membuat perencanaan detail adalah hal yang paling mendasar untuk sebuah strategi pada proyek. Mulai dari menentukan budget, scope, timeline, sumber daya, hingga tujuan utama yang ingin dicapai.

Ø  Mengalokasikan Pekerjaan Kepada Tim

Manajer proyek yang baik akan menempatkan anggota tim yang relevan dengan kebutuhan proyek sesuai dengan spesifikasi mereka. Penentuan unit tugas dan tim penanggung jawab harus dibuat secara jelas untuk menghindari kesalahpahaman ketika sudah memasuki tahap eksekusi. Setelah proyek berjalan, project manager juga harus mengontrol progres pengerjaan dan performansi tim agar selalu on-the-track.

Ø  Membentuk Komunikasi Tim yang Efektif

Komunikasi untuk menyampaikan berbagai informasi harus jelas dan efektif agar dapat dipahami oleh seluruh tim. Komunikasi yang efektif sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan semangat kerja tim. Komunikasi ini bisa meliputi daftar tugas, jadwal, dan deadline yang harus dimengerti dan dikerjakan oleh seluruh tim.

Ø  Melakukan Kalkulasi Anggaran

Sebelum memulai sebuah proyek, pemilik proyek dan project manager tentu sudah menentukan anggaran yang diperlukan pada proyek yang sedang dikerjakan. Namun, perhitungan anggaran seringkali meleset pada tahap pra produksi dan tahap eksekusi. Selain itu, peluang terjadinya cost overrun juga sangat tinggi, terlebih jika lingkungan di sekitar proyek berubah secara tidak terprediksi. Maka dari itu, project manager harus secara teliti memonitor penggunaan anggaran yang dimiliki dan bisa memastikan anggaran diestimasikan dengan tepat.

Ø  Mitigasi Masalah dan Krisis

Di sinilah kelihaian project manager dalam menangani masalah dan mengendalikan krisis diuji. Untuk mengantisipasinya, project manager harus membuat perencanaan masalah dan krisis sejak tahap pra-produksi proyek. Menjalankan manajemen risiko sejak tahap perencanaan adalah hal yang wajib dilakukan oleh seluruh project manager.

Ø  Memonitor Perkembangan Proyek Berdasarkan Blueprint

Blueprint sebuah kerangka kerja rinci yang menjadi landasan dalam pembuatan kebijakan yang meliputi penetapan tujuan dan sasaran, penyusunan strategi, pelaksanaan program dan fokus kegiatan serta langkah-langkah atau implementasi yang harus dilaksanakan. Jika selama proyek dieksekusi ada hal-hal yang berubah atau melenceng dari blueprint, maka project manager bertugas untuk mengomunikasikannya kepada tim terkait agar pekerjaan mereka kembali on-the-track. Namun, jika perubahan itu emang harus dilakukan dikarenakan satu atau lain hal, maka hal ini harus disesuaikan dengan cara mengalokasikan kembali unit kerja berdasarkan sumber daya yang ada.

Ø  Membuat Laporan Untuk Stakeholder

Stakeholder tentu membutuhkan laporan untuk memeriksa kemajuan proyek. Laporan ini biasanya berisi informasi rinci tentang status kemajuan proyek, hambatan yang dihadapi, hingga jumlah anggaran yang diserap. Di tahap project closure, laporan ini akan dikumpulkan project manager dan diarsipkan setelah mendapat pengesahan dari pihak-pihak terkait. Di masa yang akan datang, report ini akan bermanfaat sebagai acuan bagi project manager ketika dibebankan pada proyek serupa.

 

KESIMPULAN

            Manajemen merupakan hal yang sangat penting untuk kita implementasikan sehari – hari. Dengan adanya manajemen, kegiatan yang kita lakukan akan lebih terukur, terstruktur, dan sesuai dengan tujuan awal kita. Begitu juga dalam hal proyek. Adanya manajemen proyek menjadikan sebuah proyek dapat berjalan sesuai dengan arahan awal, dan lebih efektif serta efisien. Dalam project management terdapat beberapa fungsi diantaranya perencanaan, penjadwalan, pengawasan, dan sebagainya. Sehingga dengan adanya project management ini, sebuah perusahaan akan lebih mudah menjalankan sebuah proyek.


REFERENSI

1.      Pujiono, Bambang. 2022. Konsep Manajemen Proyek

2.      Mattarima. 2020. Manajemen Proyek. Dalam : https://fikom-ucm.ac.id/wp-content/uploads/2020/04/Manajemen-Proyek_Mattarima.pdf

3.      Aliya, Humaira. 2021. Penting Untuk Kesuksesan Proyek Perusahaan, Kenali Metode Project Management. Dalam : https://glints.com/id/lowongan/project-management/#.Yxh26XZBzIV

4.      Populix. 2021. Project Management Adalah : Pengertian, Proses, dan Tujuan. Dalam : https://info.populix.co/articles/project-management-adalah/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...