Halaman

27 September 2022

Mengenal Tahapan Siklus Hidup Proyek

 

Mengenal Tahapan Siklus Hidup Proyek

Oleh: Dinda Damarisa Anggadewi (@A07-DINDA)

Abstrak

Siklus hidup proyek menggambarkan fase-fase global dalam sebuah proyek. Dalam mengerjakan sebuah proyek dibutuhkan perencanaan yang matang dengan memperhatikan siklus hidup proyek. Terdapat beberapa tahapan kegiatan dalam siklus hidup proyek yaitu tahap inisiasi, perencanaan, eksekusi, pemantauan, dan pentupan. Siklus hidup proyek digunakan untuk menentukan awal dan akhir dari sebuah proyek, menentukan kapan studi kelayakan dilakukan, menentukan tindakan-tindakan transisi, dan menentukan pekerjaan teknis apa yang harus dilakukan pada setiap fasenya.

Kata kunci: siklus hidup proyek, tahapan

Abstrac

The project life cycle describes the global phases in a project. Working on a project requires careful planning taking into account the project's life cycle. There are several stages of activities in the life cycle of a project which are the stages of initiation, planning, implementation, monitoring and closure. The project life cycle is used to determine the start and end of a project, determine when feasibility studies are conducted, determine transition actions, and determine the technical work that needs to be done in each phase.

Key words: project life cycle, stages

Pendahuluan

Proyek merupakan gabungan dari berbagai sumber daya yang dihimpun dalam suatu wadah organisasi sementara untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Beberapa organisasi menetapkan kumpulan siklus hidup yang akan digunakan pada semua proyek mereka, sedangkan lainnya mengikuti praktek industri umumnya berdasarkan jenis proyek yang terlibat.

Pembahasan

Menurut Dimyati dan Nurjaman (2014), siklus hidup proyek merupakan suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan sebuah proyek direncanakan, dikontrol, dan diawasi sejak proyek disepakati untuk dikerjakan hingga tujuan akhir proyek tercapai. Terdapat tahapan kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus hidup proyek, sebagai berikut :

1.               1.     Tahap Inisiasi

Pada tahap ini, memulai proses berupa identifikasi masalah, situasi fakta, dan analis kasus. Beberapa pilihan solusi untuk menyelesaikan permasalahan juga didefinisikan. Sebuah studi  kelayakan dapat dilakukan untuk memilih sebuah solusi yang  memiliki kemungkinan terbesar untuk direkomendasikan sebagai solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan. Persetujuan stakeholders terhadap solusi yang diajukan, akan menjadi dasar proyek ketika berlanjut ke tahap perencanaan proyek.

       2.  Tahap Perencanaan

Pada tahap ini, dokumen perencanaan akan disusun secara terperinci sebagai panduan bagi tim proyek selama kegiatan proyek berlangsung. Perencanaan langkah-langkah yang diperlukan guna memenuhi tujuan proyek pun mulai dibuat. Pada tahap ini, tim proyek melakukan identifikasi terhadap semua pekerjaan yang akan dilakukan. Identifikasi yang dibuat berupa  kebutuhan sumber daya dan tugas proyek, tak lupa juga strategi yang akan digunakan. Identifikasi semacam ini biasa disebut dengan scope management (manajemen ruang lingkup). Adapun aktivitas yang akan dilakukan pada tahap ini adalah membuat dokumentasi site plan, resource plan, financial plan,risk plan, acceptance plan, communication plan, procurement plan, contract supplier dan perform phare review.

3.     Tahap Eksekusi

Tahap pelaksanaan (execution) amerupakan tahap dimana rencana proyek yang dimasukkan ke dalam proses serta pekerjaan proyek mulai dieksekusi. Kemajuan proyek akan terus dipantau serta dilakukan penyesuaian apabila terjadi perubahan dari rencana semula. Dalam siklus hidup proyek,  sebagian besar waktu project manager dihabiskan pada fase  ini. Dalam pelaksanaannya, manajer proyek melaksanakan tugas serta monitoring informasi kemajuan yang akan dilaporkan secara rutin saat rapat tim.

Secara umum, langkah yang sering diambil pada fase pelaksanaanialah sebagai berikut:

·       Melaksanakan rencana  dan mencapai target proyek yang telah dibuat;

·       Pembuatan sistem pelaksanaan proyek;

·       Menetapkan standar kualitas dari proyek.

4.     Tahap Pemantauan

Pada tahap ini, beberapa pekerjaan telah selesai, namun tetap harus memantau setiap tugas guna memastikan bahwa semuanya telah berjalan sesuai rencana. Tahap ini biasanya berkaitan dengan jadwal pelaksanaan, biaya,  dan kualitas pelaksanaan proyek. Di mana tujuannya untuk menghasilkan hasil terbaik tetapi dengan pengeluaran seminimal mungkin. Selama pelaksanaan proyek, seringkali terjadi beberapa perihal yang tidak sesuai dengan perkiraan. Proses pemantauan  ini sifatnya fleksibel, tergantung  pada tipe proyek yang dijalankan.

5.     Tahap Penutupan

Setelah tim menyelesaikan semua hasil, proyek telah selesai. Namun kunci dari tahap terakhir ini adalah melakukan evaluasi terhadap setiap proses yang diselesaikan. Dengan jenis analisa ini,  pengalaman dan evaluasi ditransfer kepada organisasi proyek. Hasil dari evaluasi ini akan dijadikan acuan untuk  proyek masa depan atau pengembangannya agar lebih baik lagi.

Kesimpulan dan Saran

Siklus hidup proyek merupakan kumpulan fase. Beberapa organisasi menentukan serangkaian siklus hidup untuk digunakan di semua proyek. Siklus hidup proyek menentukan pekerjaan apa yang akan dilakukan di setiap fase, siapa yang terlibat dalam setiap fase, dan bagaimana manajemen akan mengontrol dan menyetujui pekerjaan yang dihasilkan di setiap fase.

Daftar Pustaka

ATIN, S. (2018). Pertemuan 3 Dan 4 (perencanaan Proyek Dan Project Charter).

Fitri Nugraheni, S. T. (2019). ANALISIS PENJADWALAN ULANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE LSM (LINIER SCHEDULING METHOD/LINE OF BALANCE) PADA PROYEK PERUMAHAN (RESCHEDULING ANALYSIS WITH LSM/LOB METHOD IN THE HOUSING PROJECT)(Studi Kasus: Perumahan Griya Mekar Abadi Bintan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

https://softwaregenuine.id/siklus-hidup-proyek/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...