Halaman

06 September 2022

Pentingnya Memahami Manajemen Proyek Dalam Dunia Kerja

 

Pentingnya Memahami Manajemen Proyek Dalam Dunia Kerja

                                                     

Oleh : Indah Permata Widayanti (@A04-INDAH)

 

Abstrak

Dalam dunia kerja, tentu ada kalanya anda harus mengelola sebuah proyek. Agar proyek yang dikerjakan dapat berjalan maksimal, perlu adanya manajemen waktu dan sumber daya. Sehingga, setiap keperluan dapat terencana dengan terstruktur. Dari hal tersebut salah satu cara agar kerja makin efektif, perlu yang namanya manajemen proyek. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan manajemen proyek? Bagaimana saja tahapannya? Dan apa saja contoh aplikasi manajemen proyek yang mendukung efektivitas kerja?

Kata kunci : Manajemen proyek, tujuan, tahapan

 

Pendahuluan

     Manajemen proyek ialah salah satu manajemen atau tata cara dalam mengelola sumber penghasilan yang penting untuk menyelesaikan proyek dari awal sampai selesainya proyek tersebut. Manajemen proyek dapat dipakai pada jenis proyek apapun, dan dipakai secara luas untuk menyelesaikan proyek yang besar dan kompleks. Fokus utama manajemen proyek adalah pencapaian semua tujuan akhir proyek dengan segala batasan yang ada, waktu dan dana yang tersedia. Pada perencanaan pembuatan proyek sebuah sistem, diperlukan berbagai macam komponen yang terlibat di dalamnya. Satu hal yang harus diperhatikan/diutamakan oleh seorang manajer proyek dalam melakukan perencanaan adalah menghitung, baik secara kualitatif maupun kuantitatif, dan resiko yang akan terjadi dalam proses pengerjaan proyek tersebut.

 

Pembahasan


Pengertian Manajemen Proyek

Istilah manajemen proyek mempunyai kaitan yang erat dengan kegiatan atau proyek yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Manajemen proyek merupakan salah satu cara untuk mengatur berbagai kegiatan dari sebuah perusahaan yang dilaksanakan pada jangka waktu tertentu. Setiap perusahaan pasti diharapkan memiliki kesuksesan dan hasil yang maksimal dari sebuah proyek. Maka di sinilah peran yang sangat penting dalam manajemen proyek untuk memuluskan berjalannya proyek tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Fokus dari manajemen proyek sendiri adalah untuk merencanakan, mengelola, dan mengorganisasi sebuah proyek untuk mencapai tujuan (objective). Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu manajemen yang mengatur terkait anggaran, tim proyek, sumber daya, operasional kerja, dll.

 

Tujuan Manajemen Proyek

1.      Menjaga Ketepatan Waktu dan Produktivitas
Manajemen proyek sangat bermanfaat untuk mengelola waktu pengerjaan. Dengan begitu, produktivitas dapat terjaga dan proyek dapat diselesaikan dengan lebih efisien dan efektif.

2.      Menjaga Kualitas
Indikator output dari sebuah proyek tentu sudah ditentukan dari awal oleh tim manajemen. Maka dari itu, manajemen proyek berfungsi untuk mengatur setiap divisi supaya menjaga kualitas kerja dan menggunakan sumber daya secara efisien.

3.      Mengelola Anggaran
Penentuan biaya anggaran sebuah proyek sangat penting untuk dilakukan dari awal. Hal tersebut bertujuan agar hasil yang didapatkan menjadi bisa terpenuhi dan anggaran menjadi lebih transparan. Tidak hanya itu, alokasi anggaran juga dapat ditentukan seminimal mungkin, tetapi masih bisa mendukung indikator proyek yang sudah ditetapkan.

4.      Memaksimalkan Potensi Tim
Menjaga dan memaksimalkan kualitas tim adalah salah satu indikator penting untuk mencapai tujuan proyek. Dengan adanya manajemen proyek, maka dapat terbentuk perencanaan yang baik sehingga proyek dapat dikelola secara optimal.

Tahapan Manajemen Proyek

1.      Fase Inisiasi
Dalam tahap ini, kegiatan awal proyek sudah disepakati bersama. Setelah itu, dilakukan penentuan permasalahan yang nantinya akan didiskusikan secara bersama untuk menemukan solusi yang terbaik.

2.      Fase Perencanaan
Fase yang selanjutnya adalah perencanaan. Di saat semua aspek sudah didiskusikan dan ditetapkan, maka perlu adanya tahap perencanaan yang matang. Seluruh rincian pelaksanaan proyek secara keseluruhan dibahas secara detail berdasarkan keperluan stake holder dan klien.
Hal-hal yang perlu dilakukan dalam tahap ini adalah membuat perencanaan proyek, estimasi biaya, diagram alur kerja, mengumpulkan sumber daya, dan identifikasi risiko yang bisa jadi terjadi.

3.      Fase Implementasi
Setelah tahap perencanaan selesai dan disetujui oleh klien dan stakeholder, tahapan selanjutnya adalah proses eksekusi. Dalam tahapan ini, anda bisa membuat tugas dan mengelola alur kerja. Selain itu, anda juga dapat memberikan briefing kepada tim mengenai tugas dan tanggung jawab yang telah ditentukan, membangun komunikasi yang baik dengan berbagai pihak yang terkait, dan mengatur anggaran.

4.      Fase Pengawasan
Hal yang tidak kalah penting dalam mengerjakan sebuah proyek adalah pengawasan. Berupa monitoring kinerja tim dan kontrol. Di sinilah project manager berperan untuk memantau semua kegiatan operasional dengan berkala. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir dan mencegah adanya kegagalan dan risiko yang akan berpengaruh ke kesuksesan proyek.

5.      Fase Penyelesaian
Di tahap ini, hasil akhir sudah diperoleh. Maka, perlu diadakan evaluasi atas performa tim dan hasil proyek. Selain itu, perjanjian kontrak dengan pihak-pihak luar yang terlibat juga diakhiri oleh project manager. Tidak lupa, tim pelaksana proyek juga harus menyiapkan dokumen-dokumen penting untuk membuat laporan yang nantinya akan diserahkan pada stakeholder.


Kesimpulan

Manajemen proyek adalah salah satu metode atau cara yang efektif untuk dapat menyelesaikan pengembangan produk atau jasa dengan menitikberatkan pada proses perencanaan dan pengorganisasian secara sistematis dan terstruktur. Tahapan dalam penyusunan project management dimulai dari fase inisialisasi, perencanaan, implementasi, monitoring, hingga penutupan.

 

Saran

Saran yang ada dari pembahasan diatas agar apabila terjadi dalam dunia kerja lebih baik pihak perencana proyek harus mempertimbangkan dan memperhitungkan segala kemungkinan dan resiko yang bisa terjadi, sehingga tidak mengakibatkan kerugian dan kegagalan dalam

Pelaksanaan.


 

Daftar Pustaka
https://www.sekawanmedia.co.id/blog/manajemen-proyek/

Robbins, Stephen P., Coulter, Mary. (2002). Management, 7th Edition. New Jersey: Prentice-Hall Internasional.

https://www.gamelab.id/news/1591-wajib-tahu-pentingnya-manajemen-proyek-untuk-efektivitas-kerja

 

           

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...