Halaman

07 September 2022

MENGATUR MANAJEMEN WAKTU YANG EFEKTIF DALAM MENGERJAKAN PROYEK

 

 

 

MENGATUR MANAJEMEN WAKTU YANG EFEKTIF DALAM MENGERJAKAN PROYEK

 

Disusun oleh : Rizik Ibnu Thoriq ( @A11-RIZIK )

ABSTRAK

                        Artikel ini menjelaskan tentang Manajemen waktu proyek adalah sebuah strategi yang mengatur bagaimana kita memanfaatkan waktu yang terbatas untuk mencapai tujuan melalui pembagian tugas-tugas. Tujuannya manajemen waktu adalah untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas. 

                        Biasanya, manajemen waktu proyek akan dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Hal ini bisa dilakukan oleh posisi project manager atau pimpinan proyek (project lead). Seorang pemimpin proyek dituntut untuk dapat melakukan manajemen proyek dengan baik dan bijaksana karena perannya akan melibatkan kepentingan internal dan eksternal perusahaan.

Kata kunci : manajemen proyek, manajemen waktu, efektif

PENDAHULUAN

            Dalam suatu proyek, penerapan manajemen waktu (time management) sangat diperlukan untuk mendukung terjadinya efisiensi bagi pengontrolan kemajuan yang dicapai, untuk menjadwal, dan menjalankan apa yang telah disepakati oleh beberapa pihak yang terlibat. Time management merupakan salah satu area utama perhatian pimpinan proyek beserta timnya. Dengan adanya time management berarti akan tersedia aturan dalam menjalankan dan memantau kemajuan suatu proyek dan pengambilan keputusan-keputusan penting terkait dengannya. Para profesional dari suatu proyek sekarang telah menyadari akan pentingnya hal ini.

Dalam suatu proyek, pimpinan proyek dan timnya berjuang keras untuk memenuhi dengan baik jadwal yang sudah dibuat untuk menyelesaikan tugas dengan kualitas yang baik. Sinkronisasi antara berbagai hal dan kepentingan dari beberapa pihak yang terlibat dalam suatu proyek merupakan hal sangat penting untuk diperhatikan. Yang dikatakan terlibat di sini tentu saja bukan hanya manusia, tetapi juga berbagai sumber daya lainnya, seperti bahan/materi yang diperlukan, dana, tempat, transportasi, perangkat komputer, perizinan, dan sarana lainnya serta waktu itu sendiri.

 

PEMBAHASAN

Pengertian Manajemen Waktu Proyek

Manajemen waktu proyek adalah rangkaian proses perencanaan, penjadwalan, pemantauan dan pengendalian seluruh kegiatan proyek. Hal ini dilansir dari Project Management Guide, wrike.com yang juga mendefinisikan manajemen waktu sebagai pengelolaan waktu atau durasi, pencapaian, dan aktivitas untuk mencapai sebuah tujuan.

Pencapaian sebuah tujuan harus ditentukan oleh pemimpin proyek. Selain itu, pemimpin proyek juga harus memberikan arahan yang tepat untuk dilakukan oleh sumber daya yang ada. Seorang pemimpin perlu membiasakan diri untuk dapat melakukan manajemen waktu proyek sekaligus mengadaptasikannya pada semua pihak yang terlibat.

Proses Manajemen Waktu Proyek

            Memulai manajemen waktu proyek bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, diperlukan adanya ketelitian dan konsistensi dalam melakukan setiap prosesnya. Hal ini akan berpengaruh pada proses maupun hasil akhirnya.  Berikut ini proses manajemen waktu proyek yang bisa dilakukan oleh manajer.

1. Mendefinisikan Proyek dengan Baik

Seperti halnya melakukan manajemen waktu, proyek yang akan dikerjakan harus jelas tujuannya. Hal ini juga menentukan faktor-faktor apa saja yang harus dilakukan dalam melaksanakan proses yang efisien.

2. Inisiasi Proyek dan Sumber Daya

Jika sudah mendefinisikan proyek yang akan dikerjakan, lakukan perencanaan sebelum proyek dimulai. Tidak terbatas pada perencanaan kegiatan, tapi juga sumber daya yang akan dilibatkan untuk pencapaian proyek tersebut.

3. Perencanaan Proyek

Seorang manajer yang berperan sebagai pemimpin proyek mungkin akan mendapatkan tekanan dalam mengelola timnya. Oleh karena itu, penting untuk dapat menentukan struktur kerja yang paling efektif di dalam sebuah tim. Jika sudah menentukan sumber daya yang tepat, pencapaian bisa diukur dengan mudah dan tidak ada waktu terbuang percuma.

4. Perkiraan Durasi dan Jadwal

Optimalkan kegiatan yang sudah direncanakan dalam tenggat waktu yang baik. Perkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah proyek. Dengan begitu, tujuan akan tercapai sesuai dengan perencanaan proyek secara efektif. Jadwalkan meeting di sela-sela kegiatan dan hindari melakukan sebaliknya.

5. Pelaksanaan Proyek

Setelah perencanaan dilakukan oleh seorang manajer, saatnya melaksanakan proyek sesuai daftar rencana. Pastikan setiap orang mengetahui tanggung jawabnya sehingga anggota tim tidak kebingungan.

6. Berkomunikasi Efektif dengan Stakeholders

Para pemangku kepentingan (stakeholders) biasanya memiliki kesulitan berkomunikasi pada pelaksanaan sebuah proyek. Untuk menghindarinya, buatlah laporan rutin, bisa dalam periode mingguan atau bulanan. Hal ini membuat semua pihak tetap terlibat, bukan hanya di awal atau akhir pelaksanaan proyek.

7. Pemantauan dan Pengendalian Proyek

Agar proyek berjalan dengan lancar, diperlukan adanya evaluasi yang rutin terhadap proyek. Pemantauan harus dilakukan saat proyek masih berjalan sehingga manajer proyek bisa melakukan pengendalian secara menyeluruh. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar proyek tetap berjalan sesuai rencana dan tujuan yang diharapkan.

KESIMPULAN

            Manajemen waktu proyek adalah rangkaian proses perencanaan, penjadwalan, pemantauan dan pengendalian seluruh kegiatan proyek. Hal ini dilansir dari Project Management Guide, wrike.com yang juga mendefinisikan manajemen waktu sebagai pengelolaan waktu atau durasi, pencapaian, dan aktivitas untuk mencapai sebuah tujuan.

Manajemen waktu proyek juga sebuah sebuah skill yang harus  di kuasai sebagai seorang PM. Keberhasilan dalam mengatur waktu berpengaruh pada biaya yang akan di habiskan proyek dan menentukan tingkat keberhasilannya.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

https://www.dictio.id/t/bagaimana-cara-menyelesaikan-proyek-tepat-waktu/21432  

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/pengertian-dan-proses-manajemen-waktu-proyek-untuk-manajer/

https://www.hashmicro.com/id/blog/tips-manajemen-waktu-proyek/

 

 

 

                       

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...