Apa Aja Sih Hal Yang Saling
Terkait Di Manajemen Proyek Itu?
Disusun oleh : Rizik Ibnu Thoriq ( @A11-RIZIK)
1. Pengertian
Estimasi Biaya
Biaya adalah semua sumber daya yang
harus dikorbankan untuk mencapai tujuan spesifik atau untuk mendapat sesuatu
sebagai gantinya. Biaya
pada umumnya diukur dalam satuan keuangan seperti dollar, rupiah, dan lainnya.
2. Tujuan Estimasi Biaya
·
Sebagai dasar dalam pembuatan
anggaran proyek.
·
Pengalokasian estimasi biaya setiap
resource yang dibutuhkan oleh setiap work item.
·
Untuk monitor progres, dengan
membandingkan anggaran biaya, biaya estimasi dengan biaya aktual dari lapangan.
·
Untuk membuat suatu database
biaya
3.
Metode Estimasi
·
Feasibility Estimate Conceptual
·
Estimate Contractor Detailed
·
Estimate Subcontractor Detailed
·
Estimate Change Order Estimate
·
Progress Estimate.
4. Pengertian
Manajemen Biaya Proyek
a.
Manajemen Biaya Proyek adalah suatu
proses atau kegiatan yang diperlukan untuk memastikan bahwa proyek akan dapat
diselesaikan dalam suatu anggaran yang telah disetujui.
b.
Manajemen biaya proyek meliputi proses-proses yang diperlukan untuk menjamin
agar anggaran biaya yang telah disetujui cukup untuk menyelesaikan semua
pekerjaan dalam lingkup proyek.
5. Fase-Fase Proyek
·
Penerapan manajemen biaya diterapkan
pada fase Perencanaan dan selebihnya pada fase Pengendalian. Kegiatan manajemen
biaya proyek pada fase planning meliputi : Perencanaan sumber daya, estimasi
biaya dan anggaran biaya.
·
Sedangkan pada fase pengendalian
kegiatannya adalah pengendalian biaya proyek.
6. Proses Manajemen Biaya Proyek
·
Perencanaan Sumber Daya : menentukan
sumber daya apa saja yang digunakan dan berapa jumlahnya.
·
Estimasi Biaya (Cost Estimating) :
menyusun suatu perkiraan biaya-biaya dan sumber daya yang diperlukan untuk
menyelesaikan suatu proyek.
·
Penganggaran Biaya (Cost budgeting) :
membuat suatu alokasi perkiraan biaya secara menyeluruh ke dalam rincian
pekerjaan untuk menetapkan suatu baseline sebagai ukuran kinerja.
·
Pengendalian Biaya (Cost control) :
melakukan pengendalian terhadap perubahan-perubahan pada anggaran proyek
7.
Prinsip paling mendasar dalam manajemen biaya proyek:
·
Laba Pendapatan dikurangi biaya
·
Siklus Hidup Biaya: Taksiran biaya
proyek secara menyeluruh selama umur proyek
·
Analisa Arus kas: Ditujukan dengan
estimasi aliran-aliran biaya dan manfaatnya untuk suatu proyek
·
Biaya dan Manfaat dapat terukur
(tangible) dan tidak terukur (Intangible), langsung (direct) maupun tidak
langsung (Indirect)
8.
RAB
Penawaran
yang diajukan kontraktor dalam tender pada dasarnya adalah berupa Rencana
Anggaran Braya (RAB) secara lengkap.
9.
Susunan RAB
yang disampaikan berupa suatu dokumen yang isinya secara urut dari depan Sbb:
·
RekapitulasiRincian RAB (Bill of
Quantity / BOQ)
·
Analisa Harga Satuan Pekerjaan (Unit
cost)
·
Daftar Harga Satuan Bahan dan upah.
Referensi :
1.
Modul 7 Manajemen Proyek Industri.
2022. MANAJEMEN BIAYA PROYEK. Universitas Mercu Buana.
- BestBas
Indonesia. 2020. Teknik Industri | Materi Kuliah #115 | Perkiraan Biaya
Proyek | BestBas Indonesia. Dalam: https://youtu.be/hf-GMLhAFUw
- Sobat
Sipil. 2022. [Biaya] Estimasi Biaya. Dalam: https://youtu.be/4nhkgDjuru0
4.
https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/Chapter_6_Manajemen_Biaya_Proyek.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.