Halaman

18 Oktober 2022

Apa Aja Sih Hal Yang Saling Terkait Di Manajemen Proyek Itu?

 


Apa Aja Sih Hal Yang Saling Terkait Di Manajemen Proyek Itu?


Disusun oleh : Rizik Ibnu Thoriq ( @A11-RIZIK)


 

1.      Pengertian Estimasi Biaya

Biaya adalah semua sumber daya yang harus dikorbankan untuk mencapai tujuan spesifik atau untuk mendapat sesuatu sebagai gantinya. Biaya pada umumnya diukur dalam satuan keuangan seperti dollar, rupiah, dan lainnya.

 

2.      Tujuan Estimasi Biaya

·         Sebagai dasar dalam pembuatan anggaran proyek.

·         Pengalokasian estimasi biaya setiap resource yang dibutuhkan oleh setiap work item.

·         Untuk monitor progres, dengan membandingkan anggaran biaya, biaya estimasi dengan biaya aktual dari lapangan.

·         Untuk membuat suatu database biaya 

 

3.      Metode Estimasi

·         Feasibility Estimate Conceptual

·         Estimate Contractor Detailed

·         Estimate Subcontractor Detailed

·         Estimate Change Order Estimate

·         Progress Estimate. 

 

4.      Pengertian Manajemen Biaya Proyek

a.       Manajemen Biaya Proyek adalah suatu proses atau kegiatan yang diperlukan untuk memastikan bahwa proyek akan dapat diselesaikan dalam suatu anggaran yang telah disetujui.

b.      Manajemen biaya proyek meliputi proses-proses yang diperlukan untuk menjamin agar anggaran biaya yang telah disetujui cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan dalam lingkup proyek.

 

5.      Fase-Fase Proyek

·         Penerapan manajemen biaya diterapkan pada fase Perencanaan dan selebihnya pada fase Pengendalian. Kegiatan manajemen biaya proyek pada fase planning meliputi : Perencanaan sumber daya, estimasi biaya dan anggaran biaya.

·         Sedangkan pada fase pengendalian kegiatannya adalah pengendalian biaya proyek.

 

6.      Proses Manajemen Biaya Proyek

·         Perencanaan Sumber Daya : menentukan sumber daya apa saja yang digunakan dan berapa jumlahnya.

·         Estimasi Biaya (Cost Estimating) : menyusun suatu perkiraan biaya-biaya dan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu proyek.

·         Penganggaran Biaya (Cost budgeting) : membuat suatu alokasi perkiraan biaya secara menyeluruh ke dalam rincian pekerjaan untuk menetapkan suatu baseline sebagai ukuran kinerja.

·         Pengendalian Biaya (Cost control) : melakukan pengendalian terhadap perubahan-perubahan pada anggaran proyek

 

7.      Prinsip paling mendasar dalam manajemen biaya proyek:

·         Laba Pendapatan dikurangi biaya

·         Siklus Hidup Biaya: Taksiran biaya proyek secara menyeluruh selama umur proyek

·         Analisa Arus kas: Ditujukan dengan estimasi aliran-aliran biaya dan manfaatnya untuk suatu proyek

·         Biaya dan Manfaat dapat terukur (tangible) dan tidak terukur (Intangible), langsung (direct) maupun tidak langsung (Indirect)

 

8.      RAB

Penawaran yang diajukan kontraktor dalam tender pada dasarnya adalah berupa Rencana Anggaran Braya (RAB) secara lengkap.

9.      Susunan RAB yang disampaikan berupa suatu dokumen yang isinya secara urut dari depan Sbb:

·         RekapitulasiRincian RAB (Bill of Quantity / BOQ)

·         Analisa Harga Satuan Pekerjaan (Unit cost)

·         Daftar Harga Satuan Bahan dan upah.

 

 

Referensi :

1.      Modul 7 Manajemen Proyek Industri. 2022. MANAJEMEN BIAYA PROYEK. Universitas Mercu Buana.

  1. BestBas Indonesia. 2020. Teknik Industri | Materi Kuliah #115 | Perkiraan Biaya Proyek | BestBas Indonesia. Dalam: https://youtu.be/hf-GMLhAFUw
  2. Sobat Sipil. 2022. [Biaya] Estimasi Biaya. Dalam: https://youtu.be/4nhkgDjuru0

4.      https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/Chapter_6_Manajemen_Biaya_Proyek.pdf

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...