Kualitas
yang sesuai dengan standar spesifikasi merupakan salah satu faktor yang
mempunyai peranan dalam suksesnya suatu proyek. Dedikasi dan konsistensinya
dalam profesi ini menuntutnya untuk mengendalikan pekerjaan agar tetap berjalan
sesuai dengan rencana. Manajemen proyek menjadi bekal utama untuk menyiapkan pekerjaan
proyek hingga pekerjaan diserahkan pada pemilik. Pekerjaan proyek dimulai dari perencanaan
dengan para konsultan, klarifikasi bersama rekan kerja, negosiasi, pelaksanaan proyek,
hingga pertanggungjawaban di akhir pekerjaan.
·
Jaminan kualitas proyek merupakan semua
aktivitas yang dilakukan oleh organisasi proyek untuk memberikan jaminan
tentang kebijakan kualitas, tujuan dan tanggung jawab dari pelaksanaan proyek
agar proyek dapat memenuhi kebutuhan yang sudah disepakati. Jaminan kualitas
dapat dilaksanakan dengan adanya suatu sistem jaminan kualitas, yang meliputi
struktur organisasi, pertanggung-jawaban, prosedur, proses, dan sumber daya
untuk mengimplementasikan manajemen kualitas.
· Project quality management meyakinkan bahwa proyek akan memenuhi kebutuhan yang ditentukan diawal yang membuat sebuah proyek dilaksanakan.
·
Langkah-langkah Manajemen kualitas
a)
Perencanaan Kualitas (Planning Quality)
Sebuah
kemampuan mengantisipasi situasi dan mempersiapkan tindakan untuk mendapatkan hasil
yang diharapkan, seperti memilih materi yang sesuai, merencanakan proses untuk
mendapatkan luaran yang seharusnya.
b)
Penjaminan Kualitas (Quality Assurance)
Menjalankan
apa yang sudah direncanakan untuk menjamin bahwa tim proyek sudah menjalankan
semua proses yang dibutuhkan, termasuk semua aktivitas yang berhubungan dengan
memenuhi standar kualitas sebuah proyek. Adapun tujuan dari penjaminan kuliatas
ini ialah meningkatkan kualitas berkelanjutan.
c)
Mengendalian Kualitas
Memonitor
hasil-hasil sebuah proyek yang spesifik untuk memeriksa apakah sudah memenuhi
kualifikasi standar relevan yang sudah disepakati. Adapun output utama untuk pengendalian
kuliatas ini ialah menerima keputusan, mengerjakan ulang, serta menyesuaikan
proses.
·
Seven Basic Tools of Quality
Terdapat Seven
Basic Tools of Quality yang dapat membantu dalam pengendalian kuliatas suatu
proyek, antara lain:
1) Cause-and-Effect
Diagrams
Diagram
sebab-akibat melacak keluhan tentang masalah kualitas kembali ke operasi
produksi yang bertanggung jawab. Ini sangat membatu untuk menemukan sebuah akar
penyebab suatu masalah.
2) Quality
Control Charts
Control
chart merupakan sebuah grafik data yang menggambarkan hasil proses berdasarkan
laju waktu. Quality Control Charts memiliki kegunaan untuk menghindari cacata
(daripada mendeteksi atau menolaknya).
3) Checksheet
Digunakan untuk
mengumpulkan dan menganalisis data.
4) Scatter
Diagram
Membantu untuk
menunjukkan hubungan antara dua variabel.
5) Histograms
Histrograms
merupakan grafik batang dari distribusi variable. Setiap batang mewakili
atribut atau karakter dari masalah atau situasi, dan tinggi batang mewakili
frekuensinya.
6) Pareto
Charts
Pareto
Charts merupakan histogram yang dapat membantu dalam mengidentifikasi dan
memprioritaskan area masalah.
7) Flowchart
Diagram
alir ini menampilan grafik dari logika dan aliran proses yang membantu anda
menganalisis bagaimana masalah terjadi dan bagaimana proses dapat ditingkatkan.
·
Project management quality dengan menggunakan statistical sampling
Dengan menggunakan pengambilan statistika kita dapat meyakini apa
proyek yang sedang berlangsung ini berjalan dengan baik atau tidak. Pengambilan
statistika melibatkan pemilihan bagian dari populasi yang diamati.
·
Six Sigma
Six sigma merupakan suatu sistem yang komprehensif dan fleksibel
untuk mencapai, mempertahankan dan memaksimalkan kesuksesan bisnis. Six sigma
ini memahami kebutuhan pelanggan, penggunaan disiplin fakta, data, dan analisis
statistik, dan perhatian untuk mengelola, memperbaiki, dan proses bisnis menciptakan
kembali.
·
Mengembangkan Rencana Komunikasi
Mungkin komponen terpenting dari rencana proyek adalah rencana
komunikasi karena mengelola ekspektasi adalah kunci keberhasilan proyek, dan
cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui komunikasi yang efektif. Rencana
komunikasi mendeskripsikan siapa berbicara kepada siapa, kapan, mengapa, dan
dalam format komunikasi itu diberikan.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim.
2022. Manajemen Kualitas Proyek. Udinus. Diakses melalui: https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/07-Manajemen_kualitas_proyek.pdf
(Diunduh 20 Oktober 2022).
Jayalaksana,
Yeni M. 2021. Manajemen Kualitas Proyek. [YouTube]. Diakses melalui: https://youtu.be/NQyUE1Vu4CI (Diunduh
20 Oktober 2022).
Modul
perkuliahan pekan 8. Manajemen Proyek Industri. Universitas Mercu Buana.
PPT
perkuliahan pekan 8. Manajemen Proyek Industri. Universitas Mercu Buana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.