Halaman

26 Oktober 2022

Merancang dan mengendalikan kualitas mempunyai peranan dalam suksesnya suatu proyek

 


Laykha Fitriani Az Zahra (@A05-LAYKHA)

Kualitas yang sesuai dengan standar spesifikasi merupakan salah satu faktor yang mempunyai peranan dalam suksesnya suatu proyek. Dedikasi dan konsistensinya dalam profesi ini menuntutnya untuk mengendalikan pekerjaan agar tetap berjalan sesuai dengan rencana. Manajemen proyek menjadi bekal utama untuk menyiapkan pekerjaan proyek hingga pekerjaan diserahkan pada pemilik. Pekerjaan proyek dimulai dari perencanaan dengan para konsultan, klarifikasi bersama rekan kerja, negosiasi, pelaksanaan proyek, hingga pertanggungjawaban di akhir pekerjaan.

·         Jaminan kualitas proyek merupakan semua aktivitas yang dilakukan oleh organisasi proyek untuk memberikan jaminan tentang kebijakan kualitas, tujuan dan tanggung jawab dari pelaksanaan proyek agar proyek dapat memenuhi kebutuhan yang sudah disepakati. Jaminan kualitas dapat dilaksanakan dengan adanya suatu sistem jaminan kualitas, yang meliputi struktur organisasi, pertanggung-jawaban, prosedur, proses, dan sumber daya untuk mengimplementasikan manajemen kualitas.

 

·        Project quality management meyakinkan bahwa proyek akan memenuhi kebutuhan yang ditentukan diawal yang membuat sebuah proyek dilaksanakan. 

 

·         Langkah-langkah Manajemen kualitas

a)      Perencanaan Kualitas (Planning Quality)

Sebuah kemampuan mengantisipasi situasi dan mempersiapkan tindakan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, seperti memilih materi yang sesuai, merencanakan proses untuk mendapatkan luaran yang seharusnya.

b)      Penjaminan Kualitas (Quality Assurance)

Menjalankan apa yang sudah direncanakan untuk menjamin bahwa tim proyek sudah menjalankan semua proses yang dibutuhkan, termasuk semua aktivitas yang berhubungan dengan memenuhi standar kualitas sebuah proyek. Adapun tujuan dari penjaminan kuliatas ini ialah meningkatkan kualitas berkelanjutan.

c)      Mengendalian Kualitas

Memonitor hasil-hasil sebuah proyek yang spesifik untuk memeriksa apakah sudah memenuhi kualifikasi standar relevan yang sudah disepakati. Adapun output utama untuk pengendalian kuliatas ini ialah menerima keputusan, mengerjakan ulang, serta menyesuaikan proses.

 

·         Seven Basic Tools of Quality

Terdapat Seven Basic Tools of Quality yang dapat membantu dalam pengendalian kuliatas suatu proyek, antara lain:

1)    Cause-and-Effect Diagrams

Diagram sebab-akibat melacak keluhan tentang masalah kualitas kembali ke operasi produksi yang bertanggung jawab. Ini sangat membatu untuk menemukan sebuah akar penyebab suatu masalah.

2)    Quality Control Charts

Control chart merupakan sebuah grafik data yang menggambarkan hasil proses berdasarkan laju waktu. Quality Control Charts memiliki kegunaan untuk menghindari cacata (daripada mendeteksi atau menolaknya).

3)    Checksheet

Digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

4)    Scatter Diagram

Membantu untuk menunjukkan hubungan antara dua variabel.

5)    Histograms

Histrograms merupakan grafik batang dari distribusi variable. Setiap batang mewakili atribut atau karakter dari masalah atau situasi, dan tinggi batang mewakili frekuensinya.

6)    Pareto Charts

Pareto Charts merupakan histogram yang dapat membantu dalam mengidentifikasi dan memprioritaskan area masalah.

7)    Flowchart

Diagram alir ini menampilan grafik dari logika dan aliran proses yang membantu anda menganalisis bagaimana masalah terjadi dan bagaimana proses dapat ditingkatkan.

 

·         Project management quality dengan menggunakan statistical sampling

Dengan menggunakan pengambilan statistika kita dapat meyakini apa proyek yang sedang berlangsung ini berjalan dengan baik atau tidak. Pengambilan statistika melibatkan pemilihan bagian dari populasi yang diamati.

 

·         Six Sigma

Six sigma merupakan suatu sistem yang komprehensif dan fleksibel untuk mencapai, mempertahankan dan memaksimalkan kesuksesan bisnis. Six sigma ini memahami kebutuhan pelanggan, penggunaan disiplin fakta, data, dan analisis statistik, dan perhatian untuk mengelola, memperbaiki, dan proses bisnis menciptakan kembali.

 

·         Mengembangkan Rencana Komunikasi

Mungkin komponen terpenting dari rencana proyek adalah rencana komunikasi karena mengelola ekspektasi adalah kunci keberhasilan proyek, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui komunikasi yang efektif. Rencana komunikasi mendeskripsikan siapa berbicara kepada siapa, kapan, mengapa, dan dalam format komunikasi itu diberikan. 


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2022. Manajemen Kualitas Proyek. Udinus. Diakses melalui: https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/07-Manajemen_kualitas_proyek.pdf (Diunduh 20 Oktober 2022).

Jayalaksana, Yeni M. 2021. Manajemen Kualitas Proyek. [YouTube]. Diakses melalui: https://youtu.be/NQyUE1Vu4CI (Diunduh 20 Oktober 2022). 

Modul perkuliahan pekan 8. Manajemen Proyek Industri. Universitas Mercu Buana.

PPT perkuliahan pekan 8. Manajemen Proyek Industri. Universitas Mercu Buana.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...