Indah
Permata Widayanti (@A04-INDAH)
Jaminan
Manajemen Kuliatas Proyek merupakan semua aktifitas yang dilakukan oleh organisasi
proyek untuk memberikan jaminan tentang kebijakan
kualitas, tujuan dan tanggung jawab dari
pelaksanaan proyek agar proyek dapat memenuhi kebutuhan yang sudah disepakati. Kualitas yang dimaksud
di sini biasanya memiliki hubungan keterkaitan yang sangat erat dengan sejumlah standar internasional.
Jaminan
kualitas (QA) seluruh tindakan yang sistematis
dan terencana yang diperlukan agar terjadi
kepastian dan kepercayaan terhadap mutu produk/jasa
yang diberikan.
Ada dua jenis QA :
Ø Internal QA Jaminan diberikan kepada
manajemen dan tim proyek.
Ø External QA Jaminan diberikan
kepada pelanggan eksternal proyek.
Kualitas adalah derajat dari beberapa karakteristik pemenuhan requirement, yang terdiri dari beberapa aktifitas :
· Quality Planing, mengidentifikasi standar kualitas.
· Quality Assurance, mengimplementasikan rencana jaminan kualitas.
· Quality Control, memonitor hasil pelaksanaan proyek.
Proses Manajamen Kualitas Proyek :
1. Planning quality management: Identifikasi apa standar kualitas yang relevan dengan proyek dan bagaimana memenuhinya.
2. Performing quality assurance: Secara periodik mengevaluasi kinerja provek secara keseluruhan untuk menjamin proyek memenuhi standar.
3. Performing quality control: Mengawasi hasil proyek untuk menjamin kesesuaian dengan standar kualitas.
Tahapan Manajemen Kualitas
A. Perencanaan Kualitas
Proses mengidentifikasi standar kualitas yang relevan dengan proyek yang sedang dikerjakan.
B. Penjaminan Kualitas
Menjalankan apa yang sudah direncanakan untuk menjamin bahwa tim proyek sudah menjalankan semua proses yang dibutuhkan.
C. Mengendalian Kualitas
Memonitor hasil-hasil proyek yang spesifik untuk memeriksa apakah sudah memenuhi kualifikasi standar relevan yang sudah disepakati.
Kualitas Perencanaan merupakan kemampuan mengantisipasi situasi dan mempersiapkan tindakan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.
Output utama untuk pengendalian kualitas :
1.
Menerima keputusan
2.
Mengerjakan ulang (perbaikan)
3. Menyesuaikan proses
Ada
seven basic tools dalam kualitas yang kegunaannya untuk mencari pola dalam data
antara lain :
1)
Cause-and-Effect Diagrams
Diagram
sebab-akibat melacak keluhan tentang masalah kualitas kembali ke operasi
produksi yang bertanggung jawab.
2)
Quality Control Charts
Control
chart adalah grafik data yang menggambarkan hasil proses berdasarkan laju
waktu.
3)
Checksheet
Digunakan
untuk mengumpulkan dan menganalisis data.
4)
Scatter Diagram
Membantu
untuk menunjukkan hubungan antara dua variabel.
5)
Histograms
Digunakan
untuk grafik batang dari distribusi variable.
6)
Pareto Charts
Histogram
yang dapat membantu anda mengidentifikasi dan memprioritaskan area masalah.
7)
Flowchart
Tampilan grafik dari logika dan aliran proses yang membantu anda menganalisis bagaimana masalah terjadi dan bagaimana proses dapat ditingkatkan.
Six Sigma adalah "suatu sistem yang komprehensif dan fleksibel untuk mencapai, mempertahankan dan memaksimalkan kesuksesan bisnis.
Daftar Pustaka
Ashari.
2011. Perencanaan Pengendalian Proyek - Manajemen Proyek. Politeknik
Negeri Bandung (Polban). Bandung.
Jayalaksana, Yeni M. 2021. Manajemen
Kualitas Proyek. YouTube dalam : https://youtu.be/NQyUE1Vu4CI (Diunduh
20 Oktober 2022)
Anonim. 2022. Manajemen Kualitas Proyek. Udinus. Dalam : https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/07-Manajemen_kualitas_proyek.pdf
(Diunduh 20 Oktober 2022)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.