Halaman

26 Oktober 2022

Memahami Jaminan Kualitas Dalam Manajemen Kualitas Proyek

 

Memahami Jaminan Kualitas Dalam Manajemen Kualitas Proyek

Dinda Damarisa Anggadewi (@A07-DINDA)

1.   Jaminan Kualitas Proyek

Manajemen kualitas proyek diperlukan untuk meyakinkan bahwa proyek akan memenuhi kebutuhan yang ditentukan di awal yang membuat proyek ini dilaksanakan. Sedangkan, jaminan manajemen kuliatas proyek merupakan semua aktifitas yang dilakukan oleh organisasi proyek untuk  memberikan jaminan tentang kebijakan kualitas, tujuan dan tanggung  jawab dari pelaksanaan proyek agar proyek dapat memenuhi kebutuhan  yang sudah disepakati.

2.   Tahapan Manajemen Kualitas

a.   Perencanaan Kualitas

Proses mengidentifikasi standar kualitas yang relevan dengan proyek yang sedang dikerjakan, serta mengantisipasi situasi dan mempersiapkan tindakan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

b.   Penjaminan Kualitas

Menjalankan apa yang sudah direncanakan untuk menjamin bahwa tim proyek sudah menjalankan semua proses yang dibutuhkan, termasuk semua aktivitas yang berhubungan dengan memenuhi standar kualitas proyek.

Cara Penjaminan Kualitas:

·     Ramping – mengevaluasi proses untuk memaksimasikan nilai untuk pelanggan sementara mengurangi waste

·     Benchmarking (membandingkan) dengan proyek atau produk lain, bisa memberikan ide untuk peningkatan kualitas

·     Audit kualitas distrukturkan untuk mendapatkan pelajaran untuk meningkatkan kinerja di proyek sekarang atau masa depan

c.   Mengendalian Kualitas

Memonitor hasil-hasil proyek yang spesifik untuk memeriksa apakah sudah memenuhi kualifikasi standar relevan yang sudah disepakati. Output utama untuk pengendalian kualitas:

·     Menerima keputusan

·     Mengerjakan ulang (perbaikan)

·     Menyesuaikan proses

 

3.   Seven Basic Tools Of Quality Untuk Membantu Mengandalikan Kualitas

a.   Cause and Effect Diagrams

Juga dikenal sebagai tulang ikan atau diagram Ishikawa. Diagram ini melacak keluhan tentang masalah kualitas kembali ke operasi produksi yang bertanggung jawab dan diagram ini membantu menemukan akar penyebab suatu masalah.

b.   Quality Control Charts

Control chart adalah grafik data yang menggambarkan hasil proses berdasarkan laju waktu. Kegunaannya untuk mengihindari cacat (daripada mendeteksi atau menolaknya).

c.   Checksheet

Digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

d.   Scatter Diagram

Membantu untuk menunjukkan apakah ada hubungan antara dua variabel.

e.   Pareto Chart

Histogram yang dapat membantu mengidentifikasi dan memprioritaskan area masalah. Analisis pareto disebut juga aturan 80-20, artinya 80% masalah seringkali disebabkan oleh 20% penyebabnya.

f.    Flowcharts

Merupakan tampilan grafik dari logika dan aliran proses yang membantu menganalisis bagaimana masalah terjadi dan bagaimana proses dapat ditingkatkan. Flowcharts menunjukkan aktivitas, poin keputusan, dan urutan bagaimana informasi diproses.

 

Daftar Pustaka

Ashari. 2011. Perencanaan Pengendalian Proyek - Manajemen Proyek.  Politeknik Negeri Bandung (Polban). Bandung.

Jayalaksana, Yeni M. 2021. Manajemen Kualitas Proyek. YouTube dalam : https://youtu.be/NQyUE1Vu4CI (Diunduh 20 Oktober 2022)

Anonim. 2022. Manajemen Kualitas Proyek. Udinus. Dalam : https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/07-Manajemen_kualitas_proyek.pdf (Diunduh 20 Oktober 2022)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...