Halaman

26 Oktober 2022

Mengetahaui Bagian Manajemen Kualitas Proyek

 

oleh Dwi Arif Rahman @A02-Arif

Manajemen Kualitas Proyek

            Mengatur atau lebih menjaga kualitas suatu proyek agar sesuai dengan yang direncanakan. Pentingnya manajemen kualitas proyek agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan kerugian nantinya.

Jaminan Kualitas Proyek

            Merupakan semua aktifitas yang dilakukan oleh organisasi proyek untuk memberikan jaminan tentang kebijakan kualitas, tujuan dan tanggung jawab dari pelaksanaan proyek agar proyek dapat memenuhi kebutuhan yang sudah disepakati. Diartikan sebagai totalitas ekspektasi yang diharapkan oleh pemrakarsa atau sponsor proyek; dalam arti kata mereka yang termasuk di dalam stakeholder proyek mendefinisikan harapan‐harapannya terhadap hasil dari proyek yang dikerjakan.

            Kualitas adalah derajat dari beberapa karakteristik pemenuhan requirement yang terdiri dari beberapa aktifitas seperti:

·         Quality Planning, Mengidentifikasi standart kualitas untuk pelaksanaan proyek dari bagaimana pemenuhannya.

·         Quality Assurance, Mengimplementasi rencana jaminan kualitas agar proyek memenuhi semua requirement.

·         Quality Control, Memonitor hasil pelaksanaan proyek apakah memenuhi standart kualitas atau tidak

Terdapat beberapa Teknik dalam manajemen kualitas seperti:

·         Cost benefit analysis

1.      Mengurangi pengulangan pekerjaan  

2.      Meningkatkan produktifitas

3.      Mengurangi biaya

4.      Meningkatkan kepuasan stakeholder

·         Benchmarking  

Menandai dan membandingkan aktifitas proyek dengan proyek sejenis

·         Design of Experiment

Melakukan uji coba terhadap design dan melakukan analisis kondisi optimal

 

Didalam mengendalikan kualitas terdapat beberapa tools yang digunakan seperti seven tools dan six sigma. Seven tools yang terdiri dari:

1.      Check sheet (Lembar periksa)

2.      Pareto Diagram

3.      Cause and Effect Diagram (Fishbone Diagram)

4.      Histogram

5.      Control Chart (Peta Kendali)

6.      Scatter Diagram (Diagram Tebar)

7.      Diagram alir atau Diagram proses (Process Flow Diagram)

Six Sigma

Six Sigma adalah suatu sistem yang komprehensif dan fleksibel untuk mencapai, mempertahankan dan memaksimalkan kesuksesan bisnis. Prinsip Six Sigma dapat diterapkan pada berbagai proses bisnis. Proyek yang menggunakan Six Sigma sebagai alat kendali kualitasnya biasanya menggunaka 5 fase pengembangan yang disebut DMAIC.

DMAIC

          Adalah sebuah proses yang sistematik dalam putaran proses tertutup untuk peningkatan terus menerus dengan berdasarkan ilmiah dan fakta. DMIC terdiri dari:

·         Define

·         Measure

·         Analyze

·         Improve

·         Control

Testing (Pengujian)

            Banyak digunakan dalam proyek – proyek IT. Testing Seharusnya dilakukan pada setiap tahapan dalam siklus hidup pembangunan produk.

 

 

Daftar Pustaka

Anonim. 2022. Manajemen Kualitas Proyek. Udinus. Dalam : https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/07-Manajemen_kualitas_proyek.pdf (Diunduh 26 Oktober 2022)

Anonim, 2022. QC Seven Tools (tujuh alat pengendalian kualitas). https://ipqi.org/qc-seven-tools-tujuh-alat-pengendalian-kualitas/ (Diakses 26 Oktober 2022)

Ashari. 2011. Perencanaan Pengendalian Proyek - Manajemen Proyek.  Politeknik Negeri Bandung (Polban). Bandung.

Jayalaksana, Yeni M. 2021. Manajemen Kualitas Proyek. YouTube dalam : https://www.youtube.com/watch?v=NQyUE1Vu4CI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...