Halaman

26 Oktober 2022

Manajemen Untuk Kualitas Proyek pada Perusahaan

 

  Oleh : @A20-Kamaludin 


Manajemen Kualitas


Manajemen Kualitas adalah Manajemen kualitas adalah suatu cara untuk meningkatkan performansi secara terus – menerus (Continuous Performance Improvement) pada setiap level operasi atau proses, dalam setiap area fungsional dari suatu organisasi dengan menggunakan sumber daya manusia dan modal yang tersedia menurut (Gaspersz,2005).
Kualitas maksudnya kadar di mana kumpulan karakteristik dasar memenuhi persyaratan atau bisa juga diartikan dengan proses produk pada sebuah proyek memenuhi spesifikasi tertulis dengan begitu produk bisa digunakan sesuai rencana.

Jaminan Kualitas Proyek 

Terdiri dari beberapa aktifitas, yaitu ;
  1. Quality Planning :
    Mengidentifikasi standar kualitas untuk pelaksanaan proyek dan bagaimana memenuhinya.
  2. Quality Assurance ;
    Mengimplementasikan rencana jaminan  kualitas agar proyek memenuhi semua requairement
  3. Quality Control ;
    memonitor hasil pelaksanaan proyekapakah memenuhi standar kualitas atau tidak

Tahapan Manajemen Kualitas

  1. Perencanaan Kualitas
    Proses mengidentifikasi standar kualitas yang relevan dengan  proyek yang sedang dikerjakan, dan menentukan bagaimana agar dapat memenuhi standar kualitas tersebut.
  2. Penjaminan Kualitas
    Menjalankan apa yang sudah direncanakan untuk menjamin bahwa  tim proyek sudah menjalankan semua proses yang dibutuhkan untuk memenuhi standar kualitas yang relevan.
  3. Mengendalian Kualitas
    Memonitor hasil-hasil proyek yang spesifik untuk memeriksa apakah sudah memenuhi kualifikasi standar relevan yang sudah disepakati  dan mengidentifikasi cara untuk meningkatkan kualitas secara  menyeluruh.

Alat Pengendalian Kualitas

Alat Pengendalian Kualitas adalah suatu alat yang digunakan di dalam metode Quality System atau pengendalian kualitas yang berkaitan dengan ilmu statistik.Fungsi pengendalian kualitas sebagai dasar untuk kegiatan perbaikan mutu. Berikut beberapa alat pengendalian kualitas ;
  1. Pareto Diagram
    Pareto adalah grafik batang yang menunjukkan masalah berdasarkan urutan banyaknya jumlah kejadian. Urutannya mulai dari jumlah permasalahan yang paling banyak terjadi hingga pada permasalahan yang frekuensi terjadinya paling sedikit. Dalam Grafik, ditunjukkan dengan batang grafik tertinggi (paling kiri) hingga grafik terendah (paling kanan).
  2. Statical Sampling
    Metode ini merupakan pengambilan sampel populasi untuk memahami masalah yang ada. Dengan jumlah yang diambil berkaitan dengan "serepresentatif apa" data yang diinginkan.
  3. Six Sigma
    Six Sigma adalah  "suatu sistem yang  komprehensif dan fleksibel untuk mencapai,  mempertahankan dan memaksimalkan kesuksesan  bisnis. 
  4. Diagram Kontrol
    Sebuah diagram kontrol yang merupakan tampilan  grafis dari data yang menggambarkan hasil dari suatu  proses dari waktu ke waktu. Ini membantu mencegah  cacat dan memungkinkan untuk menentukan apakah  suatu proses dalam kontrol atau di luar kendali. Diagram kontrol dapat digunakan untuk memantau  berbagai jenis variabel output.
  5. Testing/Pengujian
    Testing dilakukan diakhir untuk pembuatan produk, banyak digunakan dalam proyek-proyek IT.

Prinsip Manajemen Kualitas untuk Perusahaan

  1. Kepemimpinan
    Kepemimpinan yang baik dapat menyamakan visi dan misi karyawannya, membuat mereka termotivasi, sehingga proses produksi dan kualitas produknya bisa terus terjaga.
  2. Terus Melakukan Perbaikan
    Perusahaan menentukan objektif pada Quality Planning, perbaikan yang dimaksud di sini tentu saja sifatnya fleksibel, mengikuti objektif awal dan juga bagaimana situasi pasar.
  3. Mengambil Keputusan Berdasarkan Data
    Selalu mengambil keputusan berdasarkan data atau bukti yang ada. Hal ini sangat penting, karena perusahaan akan lebih mudah memahami sebab-akibat dari tiap langkah yang diambil dan mengantisipasi hal tidak terduga.
  4. Manajemen Hubungan
    Dalam manajemen hubungan, perusahaan harus menjaga hubungan baik antara supplier dan juga retailer. Hal ini dikarenakan kedua pihak tersebut berperan penting dalam proses produksi perusahaan atau bisnis.

Daftar Pustaka

Aliya, Humaira. (20 Januari, 2022). Kupas Tuntas Manajemen Mutu: Definisi, Komponen,
Prinsip, dan Manfaatnya. Glints.com. Diakses Oleh : https://glints.com/id/lowongan/manajemen-mutu-kualitas-adalah/#.Y1lQBnbP23A

PPT Pertemuan 8. 2022. Manajemen Kualitas Proyek. Jakarta. Universitas Mercu Buana. 

Jayalaksana, Yeni M. 2021. Manajemen Kualitas Proyek. YouTube dalam : https://youtu.be/NQyUE1Vu4CI (Diunduh 20 Oktober 2022)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...