Oleh : @A20-Kamaludin
Manajemen Kualitas
Manajemen Kualitas adalah Manajemen kualitas adalah suatu cara untuk meningkatkan performansi secara terus – menerus (Continuous Performance Improvement) pada setiap level operasi atau proses, dalam setiap area fungsional dari suatu organisasi dengan menggunakan sumber daya manusia dan modal yang tersedia menurut (Gaspersz,2005).
Kualitas maksudnya kadar di mana kumpulan karakteristik dasar memenuhi persyaratan atau bisa juga diartikan dengan proses produk pada sebuah proyek memenuhi spesifikasi tertulis dengan begitu produk bisa digunakan sesuai rencana.
Jaminan Kualitas Proyek
Terdiri dari beberapa aktifitas, yaitu ;
- Quality Planning :Mengidentifikasi standar kualitas untuk pelaksanaan proyek dan bagaimana memenuhinya.
- Quality Assurance ;Mengimplementasikan rencana jaminan kualitas agar proyek memenuhi semua requairement
- Quality Control ;memonitor hasil pelaksanaan proyekapakah memenuhi standar kualitas atau tidak
Tahapan Manajemen Kualitas
- Perencanaan KualitasProses mengidentifikasi standar kualitas yang relevan dengan proyek yang sedang dikerjakan, dan menentukan bagaimana agar dapat memenuhi standar kualitas tersebut.
- Penjaminan KualitasMenjalankan apa yang sudah direncanakan untuk menjamin bahwa tim proyek sudah menjalankan semua proses yang dibutuhkan untuk memenuhi standar kualitas yang relevan.
- Mengendalian KualitasMemonitor hasil-hasil proyek yang spesifik untuk memeriksa apakah sudah memenuhi kualifikasi standar relevan yang sudah disepakati dan mengidentifikasi cara untuk meningkatkan kualitas secara menyeluruh.
Alat Pengendalian Kualitas
Alat Pengendalian Kualitas adalah suatu alat yang digunakan di dalam metode Quality System atau pengendalian kualitas yang berkaitan dengan ilmu statistik.Fungsi pengendalian kualitas sebagai dasar untuk kegiatan perbaikan mutu. Berikut beberapa alat pengendalian kualitas ;
- Pareto DiagramPareto adalah grafik batang yang menunjukkan masalah berdasarkan urutan banyaknya jumlah kejadian. Urutannya mulai dari jumlah permasalahan yang paling banyak terjadi hingga pada permasalahan yang frekuensi terjadinya paling sedikit. Dalam Grafik, ditunjukkan dengan batang grafik tertinggi (paling kiri) hingga grafik terendah (paling kanan).
- Statical SamplingMetode ini merupakan pengambilan sampel populasi untuk memahami masalah yang ada. Dengan jumlah yang diambil berkaitan dengan "serepresentatif apa" data yang diinginkan.
- Six SigmaSix Sigma adalah "suatu sistem yang komprehensif dan fleksibel untuk mencapai, mempertahankan dan memaksimalkan kesuksesan bisnis.
- Diagram KontrolSebuah diagram kontrol yang merupakan tampilan grafis dari data yang menggambarkan hasil dari suatu proses dari waktu ke waktu. Ini membantu mencegah cacat dan memungkinkan untuk menentukan apakah suatu proses dalam kontrol atau di luar kendali. Diagram kontrol dapat digunakan untuk memantau berbagai jenis variabel output.
- Testing/PengujianTesting dilakukan diakhir untuk pembuatan produk, banyak digunakan dalam proyek-proyek IT.
Prinsip Manajemen Kualitas untuk Perusahaan
- KepemimpinanKepemimpinan yang baik dapat menyamakan visi dan misi karyawannya, membuat mereka termotivasi, sehingga proses produksi dan kualitas produknya bisa terus terjaga.
- Terus Melakukan PerbaikanPerusahaan menentukan objektif pada Quality Planning, perbaikan yang dimaksud di sini tentu saja sifatnya fleksibel, mengikuti objektif awal dan juga bagaimana situasi pasar.
- Mengambil Keputusan Berdasarkan DataSelalu mengambil keputusan berdasarkan data atau bukti yang ada. Hal ini sangat penting, karena perusahaan akan lebih mudah memahami sebab-akibat dari tiap langkah yang diambil dan mengantisipasi hal tidak terduga.
- Manajemen HubunganDalam manajemen hubungan, perusahaan harus menjaga hubungan baik antara supplier dan juga retailer. Hal ini dikarenakan kedua pihak tersebut berperan penting dalam proses produksi perusahaan atau bisnis.
Daftar Pustaka
Aliya, Humaira. (20 Januari, 2022). Kupas Tuntas Manajemen Mutu: Definisi, Komponen,
Prinsip, dan Manfaatnya. Glints.com. Diakses Oleh : https://glints.com/id/lowongan/manajemen-mutu-kualitas-adalah/#.Y1lQBnbP23A
PPT Pertemuan 8. 2022. Manajemen Kualitas Proyek. Jakarta. Universitas Mercu Buana.
Jayalaksana, Yeni M. 2021. Manajemen Kualitas Proyek. YouTube dalam : https://youtu.be/NQyUE1Vu4CI (Diunduh 20 Oktober 2022)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.