Fauzi Ardiansyah (@A08-Fauzi)
Definisi Manajemen Komunikasi Proyek
Manajemen
komunikasi proyek adalah proses yang mencakup pengumpulan distribusi,
penyaluran, pencarian keterangan, dan perpindahan informasi didalam proyek.
Proses Manajemen komunikasi harus dapat menyediakan informasi ke segenap
anggota yang dibutuhkan untuk kesuksesan proyek. Setiap orang yang terlibat
dalam proyek harus memahami bagaimana berkomunikasi yang efektif didalam pelaksanaan
proyek. Komunikasi telah diketahui sebagai salah satu faktor penting yang dapat
menyebabkan gagal atau sukses nya suatu proyek (Rose, 2013). Komunikasi
berperan penting dalam mencapai tujuan tersebut. Komunikasi menurut ruang
lingkupnya dapat dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu: komunikasi internal
dan komunikasi eksternal. Berjalannya komunikasi internal dan komunikasi
eksternal secara baik dapat mendukung terciptanya hubungan yang baik dengan
customer.
Proses Utama Manajemen Komunikasi Proyek
·
Komunikasi Perencanaan
Menentukan
informasi dan kebutuhan komunikasi para pemangku kepentingan: yang membutuhkan
informasi apa, kapan mereka akan membutuhkannya, dan bagaimana hal itu akan
diberikan kepada mereka Distribusi Informasi pembuatan informasi yang
diperlukan tersedia bagi stakeholder proyek secara tepat waktu.
·
Kinerja Pelaporan
Mengumpulkan
dan menyebarkan informasi kinerja. Ini termasuk laporan status, pengukuran
kemajuan, dan peramalan informasi Penutupan yang menghasilkan, mengumpulkan,
dan menyebarkan Administrasi untuk meresmikan fase atau penyelesaian proyek.
Faktor Utama dalam Manajemen Komunikasi Poyek
Plan Communications Management, yakni membuat project communication management plan/perencanaan pola manajemen komunikasi yang dibutuhkan antara pelaksana proyek dan para stakeholders.
Manage Project Communications, yakni bagaimana Manajer Proyek membuat dan mendistribusikan informasi yang diperlukan untuk stakeholders tepat pada waktunya. Pada proses ini perlu adanya pertimbangan penting seperti penggunaan teknologi untuk meningkatkan distribusi informasi serta metode formal/informal untuk mendistribusikan informasi.
Monitor Project Communication, yakni mengelola
komunikasi untuk memenuhi kebutuhan dan harapan dari stakeholders proyek serta
menyelesaikan masalah yang ada. Pada proses ini, beberapa hal yang perlu
dipastikan adalah kesesuaian pola komunikasi aktual dengan yang sudah
direncanakan.
Perencanaan Komunikasi
Perencanaan komunikasi merupakan proses yang sangat penting dalam proyek, mengingat seringnya kegagalan proyek terkait dengan kegagalan komunikasi, perencanaan komunikasi meliputi :
· Membuat analisis stakeholder untuk komunikasi proyek juga membantu dalam perencanaan komunikasi
· Informasi yang akan dikomunikasikan, termasuk format, konten, dan tingkat rincian.
·
Metode atau teknologi yang disarankan untuk
menyampaikan informasi.
REFERENSI
Yudha, Aditya. 2020. Apa yang dimaksud Manajemen Komunikasi Proyek.
MODUL PPT 10. Manajemen Komunikasi Proyek . Universitas Mercu Buana. Jakarta .2022
Annisa. 2019. Manajemen
komunikasi Proyek: Studi Kasus Perusahaan Berbasis Engineering, Procurement,
Construction dan Manafacturing (EPCM) Kawasan Industrial Jababeka
Cikarang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.