Halaman

09 November 2022

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK

 

Fauzi Ardiansyah (@A08-Fauzi)

  

Definisi Manajemen Komunikasi Proyek

Manajemen komunikasi proyek adalah proses yang mencakup pengumpulan distribusi, penyaluran, pencarian keterangan, dan perpindahan informasi didalam proyek. Proses Manajemen komunikasi harus dapat menyediakan informasi ke segenap anggota yang dibutuhkan untuk kesuksesan proyek. Setiap orang yang terlibat dalam proyek harus memahami bagaimana berkomunikasi yang efektif didalam pelaksanaan proyek. Komunikasi telah diketahui sebagai salah satu faktor penting yang dapat menyebabkan gagal atau sukses nya suatu proyek (Rose, 2013). Komunikasi berperan penting dalam mencapai tujuan tersebut. Komunikasi menurut ruang lingkupnya dapat dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu: komunikasi internal dan komunikasi eksternal. Berjalannya komunikasi internal dan komunikasi eksternal secara baik dapat mendukung terciptanya hubungan yang baik dengan customer. 

 

Proses Utama Manajemen Komunikasi Proyek

·         Komunikasi Perencanaan

Menentukan informasi dan kebutuhan komunikasi para pemangku kepentingan: yang membutuhkan informasi apa, kapan mereka akan membutuhkannya, dan bagaimana hal itu akan diberikan kepada mereka Distribusi Informasi pembuatan informasi yang diperlukan tersedia bagi stakeholder proyek secara tepat waktu.

·         Kinerja Pelaporan

Mengumpulkan dan menyebarkan informasi kinerja. Ini termasuk laporan status, pengukuran kemajuan, dan peramalan informasi Penutupan yang menghasilkan, mengumpulkan, dan menyebarkan Administrasi untuk meresmikan fase atau penyelesaian proyek.

 

Faktor Utama dalam Manajemen Komunikasi Poyek

Plan Communications Management, yakni membuat project communication management plan/perencanaan pola manajemen komunikasi yang dibutuhkan antara pelaksana proyek dan para stakeholders.

Manage Project Communications, yakni bagaimana Manajer Proyek membuat dan mendistribusikan informasi yang diperlukan untuk stakeholders tepat pada waktunya. Pada proses ini perlu adanya pertimbangan penting seperti penggunaan teknologi untuk meningkatkan distribusi informasi serta metode formal/informal untuk mendistribusikan informasi.

Monitor Project Communication, yakni mengelola komunikasi untuk memenuhi kebutuhan dan harapan dari stakeholders proyek serta menyelesaikan masalah yang ada. Pada proses ini, beberapa hal yang perlu dipastikan adalah kesesuaian pola komunikasi aktual dengan yang sudah direncanakan.

 

Perencanaan Komunikasi

Perencanaan komunikasi merupakan proses yang sangat penting dalam proyek, mengingat seringnya kegagalan proyek terkait dengan kegagalan komunikasi, perencanaan komunikasi meliputi :

·         Membuat analisis stakeholder untuk komunikasi proyek juga membantu dalam perencanaan komunikasi

·         Informasi yang akan dikomunikasikan, termasuk format, konten, dan tingkat rincian.

·         Metode atau teknologi yang disarankan untuk menyampaikan informasi.

   

REFERENSI

Yudha, Aditya. 2020. Apa yang dimaksud Manajemen Komunikasi Proyek.

MODUL PPT 10. Manajemen Komunikasi Proyek . Universitas Mercu Buana. Jakarta .2022

Annisa. 2019. Manajemen komunikasi Proyek: Studi Kasus Perusahaan Berbasis Engineering, Procurement, Construction dan Manafacturing (EPCM) Kawasan Industrial Jababeka Cikarang. 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...