Halaman

01 November 2022

MENGENAL TENTANG ORGANISASI PROYEK

 Mengenal Tentang Organisasi Proyek 

 Zahra Anisa (@A06-Zahra)

1.       Pengorganisasian proyek

Menjelaskan bahwa variabel-variabel kunci yang memperngaruhi struktur organisasi adalah strategi, lingkungan tempat beroperasi, teknologi yang dipakai untuk melaksanakan kegiatan dan karakteristik anggotanya menurut James A.F Stoner (1982). Untuk melaksanakan proyek yang telah direncanakan perlu disusun organisasi proyek. Penyusunan organisasi proyek perlu memperhatikan fungsi-fungsi organisasi yang meliputi:

a.       Sebagai sarana kebersamaan untuk mencapai tujuan

b.       Mengatur kerjasama antar komponen

c.       Membagi habis pekerjaan pada semua komponen

d.       Membagi tanggung jawab dan wewenang kepada semua komponen

Berdasarkan kebutuhan dan kondisi yang menunjang, terdapat empat macam organisasi proyek, yaitu:

·         Organisasi fungsional= pada hakekatnya semua tugas manajerial dan pelaksanaan dirangkap oleh pejabat fungsional.

·         Organisasi koordinator= koordinator proyek melapor ke manajer lini tetapi dapat pula melapor ke pucuk pimpinan perusahaan bila proyeknya dianggap cukup penting bagi perusahaan.

·         Organisasi proyek murni= disebut organisasi proyek murni karena dalam organisasi ini, proyek memiliki status mandiri, terpisah dari bagian organisasi lain.

·         Organisasi matrik= dimaksudkan untuk mengambil segi-segi positif dari struktur organisasi fungsional dan gugus tugas dari sudut pandang unit kerja/perusahaan secara menyeluruh dalam menangi proyek.

2.       Organization Overview

-          Proyek beroperasi dengan batasan organisasi berdasrkan struktur dan aturan pemerintah

-          Untuk beroperasi secara efektif dan efisien, manajer proyek perlu memahami di mana tanggung jawab, akuntabilitas, dan wewenang dalam organisasi.

-          Sistem organisasi yang dihasilkan menentukan kekuatan, pengaruh, kepentingan, kompetesi, dan kemampuan politik orang-orang yang mampu bertindak dalam sistem tersebut

-          Faktor sistem

3.       Elemen Manajemen

-          Pembagian kerja berdasarkan keterampilan khusus dan ketersedian untuk melakukan pekerjaan

-          Wewenang yang diberikan untuk melakukan pekerjaan

-          Tanggung jawab untuk melakukan pekerjaan dengan tepat yang ditugaskan berdarkan atribut seperti keterampilan dan pengalaman

-          Disiplin tindakan

-          Kesatuan perintah

-          Kesatuan arahan

-          Tujuan umum organisasi lebih diutamakan daripada tujuan individu

-          Dibayar secara adil untuk pekerjaan yang dilakukan

DAFTAR PUSTAKA

Buulolo, Progresif. 2021. Fungsi Organisasi dalam Manajemen Proyek. Jurnal Riset dan Manajemen Bisnis PARETO. Vol. 6. No. 2 Sept 2021.

Gray, Clifford, F. 2006. Project Management - Organization Structure and Culture. The McGraw Hill.Companies. West Alabama.

Jaya, Safitri. 2017. Manajemen Proyek Teknologi Informasi. Universitas Pembangunan Jaya. Jakarta.

Tauhida, Dina. 2021. Manajemen Proyek - Organisasi Proyek. Dalam : https://www.youtube.com/watch?v=wvgGIiWpU8Q


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...