Kevin Adnan Husain (@A10-KEVIN)
Definisi Manajemen Komunikasi
Manajemen Komunikasi
proyek adalah kompetensi yang harus dimiliki manajer proyek dengan tujuan utama
adalah agar adanya jaminan bahwa semua informasi mengenai proyek akan sampai
tepat pada waktunya, dibuat dengan tepat, dikumpulkan, dibagikan, disimpan dan
diatur dengan tepat pula.
Tujuan Manajemen Komunikasi
·
Memahami
proses-proses yang dilakukan dalam Manajemen Komunikasi
·
Mengerti manfaat
melakukan Manajemen Komunikasi dalam MPTI
·
Memahami
dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan dalam Manajemen Komunikasi Proyek
& bagaimana cara membuat dokumen tersebut
Tahapan Manajemen Komunikasi
·
Perencanaan komunikasi : Menentukan informasi dan komunikasi kebutuhan para
pemangku kepentingan.
·
Distribusi Informasi
: Membuat informasi yang diperlukan tersedia untuk para pemangku kepentingan
proyek tepat pada waktunya.
·
Pelaporan Kinerja
: Pengumpulan dan penyebaran informasi kinerja, termasuk laporan, proses
pengukuran, dan perencanaan.
·
Mengelola stakeholders : Mengelola komunikasi untuk memenuhi kebutuhan dan
harapan dari stakeholder proyek dan untuk menyelesaikan masalah.
Mengembangkan infrastruktur komunikasi
Sebuah infrastruktur
komunikasi adalah satu set alat, teknik, dan prinsip-prinsip yang menyediakan
sebuah dasar yang efektif untuk transfer informasi, diantaranya:
a. Peralatan termasuk e-mail, perangkat lunak manajemen proyek, groupware, mesin fax, telepon, teleconferencing system, sistem manajemen dokumen, dan pengolah kata.
b. Teknik termasuk pelaporan panduan dan template, peraturan dan prosedur pertemuan dasar, proses pengambilan keputusan, pendekatan pemecahan masalah, dan resolusi konflik dan teknik negosiasi.
c.
Prinsip-prinsip
termasuk menggunakan dan membuka dialog yang telah disepakati etika kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.