Halaman

23 November 2022

Mengenal Manjemen Pengadaan Barang dan Jasa

 

Mengenal Manjemen Pengadaan Barang dan Jasa



Putri Virginia Valensi (@A15 – Putri)

Abstrak

Manajemen pengadaan adalah suatu proses yang menjamin tersedianya barang maupun jasa dari luar yang dibutuhkan oleh proyek. Tujuan manajemen pengadaan yaitu menetapkan apa saja yang  perlu disediakan, dan kapan harus dilakukan. Memilih  pemasok dan menetapkan kontrak kesepakatan kerja.

Kata Kunci : Manajemen Pengadaan

Abstract

Procurement management is a process that ensures the availability of goods and services from outside needed by the project.  The purpose of procurement management is to determine what needs to be provided, and when it should be done. Choosing a supplier and establishing an employment agreement contract.

Keywords : Procurement Management

Pendahuluan

Sebelum tahun 1970-an, bagian pengadaan hanya memiliki peran pasif dalam suatu proses bisnis, sifatnya hanya merupakan kegiatan administratif, tanpa adanya muatan strategis. Pada era tahun 1980-an peran tersebut mulai berubah dan berkembang, seiring dengan meningkatnya persaingan bisnis, terutama perusahaan manufaktur yang semakin berkembang. Pelaku bisnis perlu mencari terobosan baru dalam meningkatkan efisiensi serta menambah value creation dalam bisnisnya, selain pada bagian produksi. Dengan mempertimbangkan nilai material pada produk yang bisa mencapai 40% - 70% dari total produk akhir, maka pencarian efisiensi pada bagian pengadaan dengan penurunan nilai material, tanpa mengurangi kualitas produk adalah solusi yang baik untuk peningkatan kontribusi keuntungan bagi perusahaan.

Dengan berkembangnya peningkatan efisiensi pada bagian pengadaan, maka berkembang pula cara dan metode pelaku bisnis dalam mencari penambahan nilai tersebut, sehingga menciptakan terobosan-terobosan baru. Pada akhirnya, bagian pengadaan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam meningkatkan strategi bersaing perusahaan dalam persaingannya dengan pelaku bisnis lainnya. Hal ini, telah memberikan pengaruh yang baik untuk meningkatkan peran bagian pengadaan dari yang semula hanya kegiatan administratif menjadi salah satu faktor penting dalam peningkatan kompetensi bersaing perusahaan.

Permasalahan

Dari Pendahuluan di atas dapat kita ketahui permasalahan nya ialah persaingan peningkatan efesien dan Masalah procurement management merupakan masalah yang sangat penting bagi kehidupan sebuah perusahaan.

Pembahasan

Dari permasalahan diatas untuk itu kita harus memeahami tentang manajemen pengadaan barang dan jasa, berikut dibawah ini pembahasannya :

    A.         Pengertian Manajemen Pengadaan

Menurut Supriyanto dan Masruchah (2000), Departemen Purchasing sebagai bagian penting dalam organisasi perusahaan memainkan peran penting dalam sejumlah besar aktivitas pengadaan material untuk memenuhi kebutuhan proses produksi.

Menurut Efraim Turban (2010) manajemen pengadaan adalah sebuah proses perencanaan, pengelolaan, pengoordinasian seluruh aktivitas terkait pembelian barang dan jasa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Jadi manajemen pengadaan adalah proses perencanaan dan pengelolaan pembelian/pengadaan barang dan jasa.

    B.         Tujuan Manajemen Pengadaan

1. Merancang hubungan yang tepat dengan supplier

2. Memilih Supplier

3. Memilih dan mengimplementasikan teknologi yang cocok

4. Memelihara data item yang dibutuhkan dan data supplier

5. Melakukan proses pembelian

6. Mengevaluasi kinerja supplier

    C.         Model yang Digunakan Dalam Proses Pengadaan Barang

1. Pelelangan umum

2. Pelelangan terbatas

3. Pemilihan langsung

4. Penunjukan langsung

5. Swakelola

    D.         Aktivitas Dari Manajemen Pengadaan

·       Perencanaan pengadaan,

 yaitu menetapkan apa saja yang  perlu disediakan, dan kapan harus dilakukan. Memilih  pemasok dan menetapkan kontrak kesepakatan kerja.

·       Perencanaan Permintaan (Solicitation planning) ,

yaitu  mendokumentasi permintaan produk dan mengidentifikasi  sumber-sumber potensial, mendokumentasikan pengadaan  dalam bentuk Request for Proposal (RFP) dan  mengembangkan kriteria evaluasi.

·       Permintaan (Solititation),

 yaitu proses melakukan  permintaan terhadap kebutuhan-kebutuhan yang  diperlukan dalam pelaksanaan proyek.

·       Seleksi sumber,

yaitu memilih suplier-suplier potensial,  mengevaluasi prospek suplier dan negosiasi kontrak.

·       Penyelesaian Kontrak,

yaitu melakukan verifikasi produk dan audit kontrak

    E.         Prisip -Prinsip  dalam Proses Pengadaan

1. Efisiensi

2. Efektif.

3. Persaingan sehat

4. Terbuka

5. Transparansi Prinsip transparansi

6. Tidak diskriminatif

7. Akuntabilitas

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari pembahasan diatas yaitu Pengertian Manajemen Pengadaan adalah. Manajemen pengadaan adalah bagian dari supply chain management yang secara sistematik dan strategis memproses pengadaan barang dan jasa mulai dari sumber barang sampai dengan tempat tujuan berdasarkan tepat mutu, jumlah, harga, waktu, sumber dan tempat, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Memiliki tujuan untuk Merancang hubungan yang tepat dengan supplier, memiliki beberapa model yang Digunakan Dalam Proses Pengadaan Barang, Aktivitas Dari Manajemen Pengadaan dan Prinsip Prinsip dalam Proses Pengadaan

Daftar Pustaka

Modul PPT12 A Kewirausahaan III

Modul PPT12 B Kewirausahaan III

Patrarijaya. 2020. Manajemen Pengadaan barang dan Jasa

Sony Kuswandi. Dkk. 2021. Buku Manajemen Aset dan Pengadaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...