Mengenal
Manjemen Pengadaan Barang dan Jasa
Putri
Virginia Valensi (@A15 – Putri)
Abstrak
Manajemen pengadaan adalah suatu proses yang menjamin
tersedianya barang maupun jasa dari luar yang dibutuhkan oleh proyek. Tujuan manajemen
pengadaan yaitu menetapkan apa saja yang
perlu disediakan, dan kapan harus dilakukan. Memilih pemasok dan menetapkan kontrak kesepakatan
kerja.
Kata Kunci : Manajemen
Pengadaan
Abstract
Procurement
management is a process that ensures the availability of goods and services
from outside needed by the project. The
purpose of procurement management is to determine what needs to be provided,
and when it should be done. Choosing a supplier and establishing an employment
agreement contract.
Keywords : Procurement Management
Pendahuluan
Sebelum tahun 1970-an, bagian pengadaan hanya memiliki
peran pasif dalam suatu proses bisnis, sifatnya hanya merupakan kegiatan
administratif, tanpa adanya muatan strategis. Pada era tahun 1980-an peran
tersebut mulai berubah dan berkembang, seiring dengan meningkatnya persaingan
bisnis, terutama perusahaan manufaktur yang semakin berkembang. Pelaku bisnis
perlu mencari terobosan baru dalam meningkatkan efisiensi serta menambah value
creation dalam bisnisnya, selain pada bagian produksi. Dengan mempertimbangkan
nilai material pada produk yang bisa mencapai 40% - 70% dari total produk
akhir, maka pencarian efisiensi pada bagian pengadaan dengan penurunan nilai
material, tanpa mengurangi kualitas produk adalah solusi yang baik untuk
peningkatan kontribusi keuntungan bagi perusahaan.
Dengan berkembangnya peningkatan efisiensi pada bagian
pengadaan, maka berkembang pula cara dan metode pelaku bisnis dalam mencari
penambahan nilai tersebut, sehingga menciptakan terobosan-terobosan baru. Pada
akhirnya, bagian pengadaan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam meningkatkan
strategi bersaing perusahaan dalam persaingannya dengan pelaku bisnis lainnya.
Hal ini, telah memberikan pengaruh yang baik untuk meningkatkan peran bagian
pengadaan dari yang semula hanya kegiatan administratif menjadi salah satu
faktor penting dalam peningkatan kompetensi bersaing perusahaan.
Permasalahan
Dari Pendahuluan di atas dapat kita ketahui permasalahan
nya ialah persaingan peningkatan efesien dan Masalah procurement management
merupakan masalah yang sangat penting bagi kehidupan sebuah perusahaan.
Pembahasan
Dari permasalahan diatas untuk itu kita harus
memeahami tentang manajemen pengadaan barang dan jasa, berikut dibawah ini
pembahasannya :
A.
Pengertian Manajemen Pengadaan
Menurut Supriyanto dan
Masruchah (2000), Departemen Purchasing sebagai bagian penting dalam organisasi
perusahaan memainkan peran penting dalam sejumlah besar aktivitas pengadaan
material untuk memenuhi kebutuhan proses produksi.
Menurut Efraim Turban
(2010) manajemen pengadaan adalah sebuah proses perencanaan, pengelolaan,
pengoordinasian seluruh aktivitas terkait pembelian barang dan jasa yang
dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Jadi manajemen pengadaan adalah
proses perencanaan dan pengelolaan pembelian/pengadaan barang dan jasa.
B.
Tujuan Manajemen Pengadaan
1. Merancang hubungan yang tepat
dengan supplier
2. Memilih Supplier
3. Memilih dan mengimplementasikan
teknologi yang cocok
4. Memelihara data item yang
dibutuhkan dan data supplier
5. Melakukan proses pembelian
6. Mengevaluasi kinerja supplier
C.
Model yang Digunakan Dalam Proses
Pengadaan Barang
1. Pelelangan umum
2. Pelelangan terbatas
3. Pemilihan langsung
4. Penunjukan langsung
5. Swakelola
D.
Aktivitas Dari Manajemen Pengadaan
· Perencanaan
pengadaan,
yaitu menetapkan apa saja yang perlu disediakan, dan kapan harus dilakukan.
Memilih pemasok dan menetapkan kontrak
kesepakatan kerja.
· Perencanaan
Permintaan (Solicitation planning) ,
yaitu mendokumentasi permintaan produk dan mengidentifikasi sumber-sumber potensial, mendokumentasikan
pengadaan dalam bentuk Request for
Proposal (RFP) dan mengembangkan
kriteria evaluasi.
· Permintaan
(Solititation),
yaitu proses melakukan permintaan terhadap kebutuhan-kebutuhan
yang diperlukan dalam pelaksanaan
proyek.
· Seleksi
sumber,
yaitu
memilih suplier-suplier potensial,
mengevaluasi prospek suplier dan negosiasi kontrak.
· Penyelesaian
Kontrak,
yaitu
melakukan verifikasi produk dan audit kontrak
E.
Prisip -Prinsip dalam Proses Pengadaan
1. Efisiensi
2. Efektif.
3. Persaingan sehat
4. Terbuka
5. Transparansi Prinsip transparansi
6. Tidak diskriminatif
7. Akuntabilitas
Kesimpulan
Dapat kita simpulkan dari pembahasan diatas yaitu Pengertian
Manajemen Pengadaan adalah. Manajemen pengadaan adalah bagian dari
supply chain management yang secara sistematik dan strategis
memproses pengadaan barang dan jasa mulai dari sumber barang sampai
dengan tempat tujuan berdasarkan tepat mutu, jumlah, harga, waktu, sumber dan tempat,
untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Memiliki tujuan untuk Merancang hubungan
yang tepat dengan supplier, memiliki beberapa model yang Digunakan Dalam Proses
Pengadaan Barang, Aktivitas Dari Manajemen Pengadaan dan Prinsip Prinsip dalam Proses
Pengadaan
Daftar Pustaka
Modul PPT12 A Kewirausahaan III
Modul PPT12 B Kewirausahaan III
Patrarijaya. 2020. Manajemen Pengadaan barang dan Jasa
Sony Kuswandi. Dkk. 2021. Buku Manajemen Aset dan
Pengadaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.