Halaman

02 November 2022

ORGANISASI MANAJEMEN SEBAGAI SARANA PENCAPAIN TUJUAN

 

Laykha Fitriani Az Zahra @A05-LAYKHA

Elemen-elemen dalam manajemen, ialah Pembagian kerja berdasarkan keterampilan khusus dan ketersediaan untuk melakukan pekerjaan: Wewenang yang diberikan untuk melakukan pekerjaan: Tanggung jawab untuk melakukan pekerjaan dengan tepat yang ditugaskan berdasarkan atribut seperti keterampilan dan pengalaman; Disiplin tindakan (misalnya, menghormati otoritas, orang, dan aturan) Kesatuan perintah (misalnya, hanya satu orang yang memberi perintah untuk tindakan atau aktivitas apa pun kepada individu); Kesatuan arahan (misalnya, satu rencana dan satu kepala untuk sekelompok kegiatan dengan tujuan yang sama), Tujuan umum organisasi lebih diutamakan daripada tujuan individu; Dibayar secara adil untuk pekerjaan yang dilakukan.

 

Organisasi Proyek

Organisasi proyek adalah sebagai sarana dalam pencapaian tujuan dengan mengatur dan mengorganisasi sumber daya, tenaga kerja, material, peralatan dan modal secara efektif dan efisien dengan menerapkan sistem manajemen sesuai kebutuhan proyek. Agar tujuan organisasi dapat dicapai, dilakukan proses sebagai berikut Identifikasi dan pembagian kegiatan; Pengelompokan penanggung jawab kegiatan; Penentuan wewenang dan tanggung jawab; Menyusun mekanisme pengendalian

 

Gambaran Umum Pengorganisasian Proyek

1)      Proyek beroperasi dengan batasan organisasi berdasarkan struktur dan aturan pemerintah.

2)      Sistem organisasi yang dihasilkan menentukan kekuatan, pengaruh, kepentingan, kompetensi, dan kemampuan politik orang-orang yang mampu bertindak dalam sistem tersebut.

3)      Untuk beroperasi secara efektif dan efisien, manajer proyek perlu memahami dimana tanggung jawab, akuntabilitas, dan wewenang dalam organisasi.

 

Susunan Organisasi Pelaksana Proyek

a)      Struktur Organisasi Pemberi Tugas (Owner)

b)      Pengguna Anggaran.

c)      Pemegang Kas.

d)      Pembukuan.

e)      Juru Bayar

f)       Pengawas Lapangan

g)      Laboratory Technician

 

Jenis Organisasi Proyek

            Hobbs dan Menard (Hobbs,1993) mengidentifikasi 7 faktor yang berpengaruh dalam pemilihan struktur organisasi manajemen proyek yakni:

a)      Ukuran proyek

b)      Kebijakan strategis

c)      Kebutuhan terhadap inovasi terbaru

d)      Kebutuhan terhadap integrasi (jumlah departemen yang terlibat)

e)      Kompleksitas lingkungan

f)       Konstrain waktu dan anggaran

g)      Stabilitas permintaan sumber daya

 

DAFTAR PUSTAKA

Buulolo, Progresif. 2021. Fungsi Organisasi dalam Manajemen Proyek. Jurnal Riset dan Manajemen Bisnis PARETO. Vol. 6. No. 2 Sept 2021.

Gray, Clifford, F. 2006. Project Management - Organization Structure and Culture. The McGraw Hill.Companies. West Alabama.

Jaya, Safitri. 2017. Manajemen Proyek Teknologi Informasi. Universitas Pembangunan Jaya. Jakarta.

Tauhida, Dina. 2021. Manajemen Proyek - Organisasi Proyek. Dalam: https://youtu.be/wvgGIiWpU8Q


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...