Laykha Fitriani Az Zahra @A05-LAYKHA
Elemen-elemen dalam
manajemen, ialah Pembagian kerja berdasarkan keterampilan khusus dan
ketersediaan untuk melakukan pekerjaan: Wewenang yang diberikan untuk melakukan
pekerjaan: Tanggung jawab untuk melakukan pekerjaan dengan tepat yang
ditugaskan berdasarkan atribut seperti keterampilan dan pengalaman; Disiplin
tindakan (misalnya, menghormati otoritas, orang, dan aturan) Kesatuan perintah
(misalnya, hanya satu orang yang memberi perintah untuk tindakan atau aktivitas
apa pun kepada individu); Kesatuan arahan (misalnya, satu rencana dan satu
kepala untuk sekelompok kegiatan dengan tujuan yang sama), Tujuan umum
organisasi lebih diutamakan daripada tujuan individu; Dibayar secara adil untuk
pekerjaan yang dilakukan.
Organisasi Proyek
Organisasi proyek adalah
sebagai sarana dalam pencapaian tujuan dengan mengatur dan mengorganisasi
sumber daya, tenaga kerja, material, peralatan dan modal secara efektif dan
efisien dengan menerapkan sistem manajemen sesuai kebutuhan proyek. Agar tujuan
organisasi dapat dicapai, dilakukan proses sebagai berikut Identifikasi dan
pembagian kegiatan; Pengelompokan penanggung jawab kegiatan; Penentuan wewenang
dan tanggung jawab; Menyusun mekanisme pengendalian
Gambaran Umum Pengorganisasian Proyek
1) Proyek
beroperasi dengan batasan organisasi berdasarkan struktur dan aturan
pemerintah.
2) Sistem
organisasi yang dihasilkan menentukan kekuatan, pengaruh, kepentingan,
kompetensi, dan kemampuan politik orang-orang yang mampu bertindak dalam sistem
tersebut.
3) Untuk
beroperasi secara efektif dan efisien, manajer proyek perlu memahami dimana
tanggung jawab, akuntabilitas, dan wewenang dalam organisasi.
Susunan Organisasi Pelaksana Proyek
a) Struktur
Organisasi Pemberi Tugas (Owner)
b) Pengguna
Anggaran.
c) Pemegang
Kas.
d) Pembukuan.
e) Juru
Bayar
f) Pengawas
Lapangan
g) Laboratory
Technician
Jenis Organisasi Proyek
Hobbs
dan Menard (Hobbs,1993) mengidentifikasi 7 faktor yang berpengaruh dalam
pemilihan struktur organisasi manajemen proyek yakni:
a) Ukuran
proyek
b) Kebijakan
strategis
c) Kebutuhan
terhadap inovasi terbaru
d) Kebutuhan
terhadap integrasi (jumlah departemen yang terlibat)
e) Kompleksitas
lingkungan
f) Konstrain
waktu dan anggaran
g) Stabilitas
permintaan sumber daya
DAFTAR PUSTAKA
Buulolo, Progresif. 2021. Fungsi Organisasi dalam
Manajemen Proyek. Jurnal Riset dan Manajemen Bisnis PARETO. Vol. 6. No. 2 Sept
2021.
Gray, Clifford, F. 2006. Project Management -
Organization Structure and Culture. The McGraw Hill.Companies. West Alabama.
Jaya, Safitri. 2017. Manajemen Proyek Teknologi
Informasi. Universitas Pembangunan Jaya. Jakarta.
Tauhida, Dina. 2021. Manajemen Proyek - Organisasi
Proyek. Dalam: https://youtu.be/wvgGIiWpU8Q
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.