Halaman

09 November 2022

Manajemen Komunikasi Proyek Untuk Kesuksesan Sebuah Proyek

 

 

 

 

Manajemen Komunikasi Proyek Untuk Kesuksesan Sebuah Proyek





disusun oleh : Rizik Ibnu Thoriq (@A11-RIZIK)


Definisi

Manajemen komunikasi proyek adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang manajer proyek dengan tujuan utama adalah agar adanya jaminan bahwa semua informasi mengenai proyek akan sampai tepat pada waktunya, dibuat dengan tepat, dikumpulkan, dibagikan, disimpan dan diatur dengan tepat pula.

 

Faktor Utama dalam Manajemen Komunikasi Poyek

·         Plan Communications Management, yakni membuat project communication management plan/perencanaan pola manajemen komunikasi yang dibutuhkan antara pelaksana proyek dan para stakeholders.

·         Manage Project Communications, yakni bagaimana Manajer Proyek membuat dan mendistribusikan informasi yang diperlukan untuk stakeholders tepat pada waktunya. Pada proses ini perlu adanya pertimbangan penting seperti penggunaan teknologi untuk meningkatkan distribusi informasi serta metode formal/informal untuk mendistribusikan informasi.

·         Monitor Project Communication, yakni mengelola komunikasi untuk memenuhi kebutuhan dan harapan dari stakeholders proyek serta menyelesaikan masalah yang ada. Pada proses ini, beberapa hal yang perlu dipastikan adalah kesesuaian pola komunikasi aktual dengan yang sudah direncanakan.

Perencanaan Komunikasi

Perencanaan komunikasi merupakan proses yang sangat penting dalam proyek, mengingat seringnya kegagalan proyek terkait dengan kegagalan komunikasi, perencanaan komunikasi meliputi :

·         Membuat analisis stakeholder untuk komunikasi proyek juga membantu dalam perencanaan komunikasi

·         Informasi yang akan dikomunikasikan, termasuk format, konten, dan tingkat rincian.

·         Metode atau teknologi yang disarankan untuk menyampaikan informasi.

 

Penanganan konklik

Dalam proses penanganan konflik, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan:

a.            Confrontation or problem solving, yakni langsung menyelesaikan konflik dengan menggunakan pendekatan pemecahan akar masalah.

b.            Compromise, yakni menggunakan pendekatan give and take.

c.            Smoothing, yakni menekankan perbedaan dan menekankan kesepakatan.

d.            Forcing, yakni pendekatan win-lose.

e.            Withdrawal, yakni menarik dari ketidaksetujuan/perbedaan aktual atau potensial.

 

REFERENSI

MODUL PPT 10. Manajemen Komunikasi Proyek . Universitas Mercu Buana. Jakarta .2022

Annisa. 2019. Manajemen komunikasi Proyek: Studi Kasus Perusahaan Berbasis Engineering, Procurement, Construction dan Manafacturing (EPCM) Kawasan Industrial Jababeka Cikarang. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...