Halaman

16 November 2022

Mempelajari Manajemen Risiko dalam Proyek Konstruksi

Oleh: Shazfa Zakirah Yasmeenah (@A13-SHAZFA)

Abstrak
Permasalahan dalam proyek tidak dapat diketahui kapan akan terjadi dan bagaimana bentuk permasalahan tersebut. Namun dengan ada manajemen risiko proyek dapat meminimalisir terjadinya permasalahan-permasalahan yang dalam dalam sebuah proyek. Tidak hanya itu, mempelajari manajemen risiko juga dapat mengetahui cara untuk meminimalisir dan mengelola risiko dalam proyek.
Kata Kunci: Risiko, Manajemen Risiko

Abstract
Problems in the project can not be known when it will occur and how the form of these problems. However, with project risk management, it can minimize the occurrence of deep problems in a project. Not only that, studying risk management can also find out how to minimize and manage risk in projects.
Keywords: Risk, Risk Management



Pendahuluan
    Setiap proyek tentu akan menemui berbagai risikonya tersendiri. Sayangnya, risiko ini umumnya tidak diketahui pasti, baik kejadiannya maupun waktu tepat kedatangannya. Namun, jika tidak diantisipasi dengan baik sejak awal, bukan tidak mungkin risiko ini akan membawa masalah yang lebih besar kedepannya. Bukan serta-merta tentang “risiko negatif” yang muncul, namun juga kehilangan “risiko positif” yang dapat meningkatkan nilai proyek anda.
    Risiko dalam proyek adalah segala hal yang memiliki pengaruh terhadap timeline proyek, performance maupun budget. Sedangkan Manajemen Risiko dalam Manajemen Proyek merupakan proses identifikasi dan analisis potensi risiko sebelum proyek dijalankan dan membuat perencanaan untuk mitigasi atau pencegahan terjadinya risiko tersebut agar proyek dapat diselesaikan sesuai dengan tujuan. Menurut Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO), “Organisasi dari semua jenis dan ukuran menghadapi faktor dan pengaruh eksternal dan internal yang membuatnya tidak pasti apakah mereka akan mencapai tujuannya”
    Dalam sebuah perusahaan yang tentu terdapat aktivitas bisnis, sebuah risiko harus dikelola dengan sebaik mungkin, terlebih di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini. Karena risiko bisa muncul kapan saja dan beragam. Dibutuhkan suatu metode atau cara untuk mengantisipasinya. Maka dari itu perlu diadakannya manajemen risiko dalam proyek

Pembahasan

Definisi
    Manajemen Resiko Proyek adalah proses sistematis untuk merencanakan, mengidentifikasi, menganalisis, dan merespon resiko proyek. Menurut Lavanya dan Malarvizhi (2008) dalam PMI, manajemen risiko adalah praktik manajemen proyek yang penting untuk meminimalisir kepanikan yang tidak terduga selama proyek berjalan.
    Herman Darmawi (2006) menyatakan, manajemen risiko adalah suatu usaha untuk mengetahui, menganalisis, serta mengendalikan risiko dalam setiap kegiatan perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh efektivitas dan efisiensi yang lebih tinggi.
    Bukan tanpa tujuan, manajemen risiko proyek dilakukan untuk meningkatkan peluang positif dan meminimalisir peluang negatif atau merugikan yang mungkin benar-benar terjadi dalam proyek kita. Bukan hanya negatif, risiko sendiri memang ada yang dikategorikan positif, dimana risiko positif ini juga sering kali disebut peluang (opportunities). Penanganan respon untuk jenis risiko positif dan risiko negatif pun tentu berbeda, dan inilah yang harus dipersiapkan dengan baik lewat manajemen risiko proyek.

Pentingnya Manajemen dalam Proyek
  1. Membantu kita menghindari masalah besar yang tidak terkendali di masa depan.
  2. Membantu kita menemukan peluang (positive risk) baru yang menguntungkan.
  3. Meningkatkan rasa tanggung jawab dan nilai akuntabilitas.
  4. Mengoptimalkan anggaran proyek karena biaya pengeluaran yang lebih terkontrol.
  5. Meningkatkan peluang kesuksesan proyek

Tahap Dalam Melakukan Manajemen Risiko Proyek
  1. Identifikasi Risiko Sejak Awal Proyek
  2. Komunikasikan Risiko Dengan Seluruh Project Stakeholder
  3. Pertimbangkan Positive Risk dan Negative Risk
  4. Buat Skala Prioritas
  5. Buat Penilaian Risiko Sebelum Mencoba Memecahkannya
  6. Rencanakan Respon Risiko Yang Tepat
  7. Mempersiapkan Rencana Darurat
  8. Rencanakan Tindakan Pencegahan
  9. Pengukuran Efisiensi Risiko Matrik Risiko (Risk Metrics)
  10. Audit Risiko (Risk Audit)
  11. Pemantauan dan Pengendalian Risiko

Prinsip Manajemen Risiko
Prinsip-prinsip dalam manajemen risiko yang perlu diperhatikan antara lain:
a. Perumusan tujuan
Kejelasan visi dan misi perusahaan menjadi pedoman untuk menentukan langkah-langkah rasional dan strategi yang harus ditempuh, salah satunya yaitu tujuan yang hendak dicapai dalam pengelolaan risiko perusahaan melalui langkah-langkah antisipasi risiko secara umum yang bertujuan untuk menghindari segala bentuk pemborosan.
b. Kesatuan arah
Dalam menjalankan suatu kegiatan dalam perusahaan, maka harus mempunyai tujuan yang sama dengan yang diarahkan oleh pimpinan. Dalam buku prinsip-prinsip manajemen dikatakan, seorang karyawan yang bekerja di salah satu bagian hanya menerima instruksi mengenai kegiatan tertentu dari seorang kepala bagian yang menjadi atasannya.
c. Pembagian kerja dan pendelegasian wewenang
Pembagian kerja dan pendelegasian wewenang dalam sebuah perusahaan perlu dilakukan sehingga setiap unit mengetahui secara jelas wewenang dan tanggung jawab yang diembannya. Tujuan dari pendelegasian wewenang adalah untuk mencapai hasil akhir yang maksimal sesuai yang diinginkan dengan mendelegasikan sebagian tugasnya pada bawahan.
d. Koordinasi
Koordinasi merupakan salah satu fungsi manajemen atau proses pengintegrasian, sinkronisasi, serta penyederhanaan pelaksanaan tugas yang terpisah-pisah secara terus menerus untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Adanya koordinasi diharapkan tidak terjadi pekerjaan yang tumpang tindih. Tanpa koordinasi, maka sulit didapatkan tujuan perusahaan yang efektif dan efisien.
e. Pengawasan
Dengan adanya prinsip pengawasan, maka dapat diketahui tentang hasil yang telah dicapai. Pengawasan dapat berfungsi untuk mengukur seberapa jauh hasil yang telah dicapai sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Pengawasan harus dilakukan guna menghindari penyalahgunaan wewenang 
 
Tips yang dapat diterapkan untuk meminimalisir dan mengelola risiko dalam proyek:
  1. Create a risk management plan: Harus terdapat perencanaan manajemen risiko yang meliputi metodologi identifikasi risiko, prioritisasi risiko, risk tolerance serta bagaimana risiko direspon dan dikomunikasikan ke berbagai pihak.
  2. Keep your risk register up to date: Risk register (daftar seluruh potensi risiko proyek) harus selalu dipantau dan diperbaharui sesuai dengan perkembangan proyek.
  3. Understand the risk event: Perlu adanya pemahaman seluruh pihak yang terlibat dalam proyek terhadap risiko proyek yang ada dan bagaimana memahami root cause dari risiko tersebut.
  4. Be proactive instead of reactive: Lebih baik melakukan tindakan preventif atau analisis risiko sejak awal fase untuk mempersiapkan tim dalam menghadapi risiko apabila terjadi.
  5. Develop your project management skills: Penting untuk mengetahui project management secara lebih mendalam sehingga knowledge/framework yang ada dapat digunakan untuk mempermudah dalam mengelola risiko proyek.
Kesimpulan
  1. Manajemen Resiko Proyek adalah proses sistematis untuk merencanakan, mengidentifikasi, menganalisis, dan merespon resiko proyek.
  2. Manajemen risiko proyek sangat membatu perusahaan dalam melindungi perusahaan dari risiko signifikan yang dapat menghambat pencapaian tujuan perusahaan. Memberikan kerangka kerja manajemen risiko yang konsisten atas risiko yang ada pada proses bisnis dan fungsi-fungsi dalam perusahaan.
Daftar Pustaka
Aprilliani, M. (2021). Apa Itu Manajemen Risiko Proyek dan bagaimana Melakukannya? Dalam : https://tomps. id?apa -itu-Managemen-risiko-Proyek-dan-bagaimana-melakukannya/

Mir. (2021). Manajemen Risiko dalam Proyek. Dalam: https:// www.MIT.co.-id/en/insight/listing/2011/11/15/03/30/managemen- risiko-dalam- proyek.

Sandyavitri, A. (2008). Manajemen Risiko di Proyek Konstruksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...