Oleh
Oliver
Gideon Parsaoran (@A12-OLIVER)
1.
Organisasi
proyek adalah sebagai sarana dalam pencapaian tujuan dengan mengatur dan
mengorganisasi
sumber daya, tenaga kerja, material, peralatan dan modal secara efektif dan
efisien dengan menerapkan sistem manajemen sesuai kebutuhan proyek.
2.
Gambaran Umum Pengorganisasian Proyek:
a)
Proyek beroperasi dengan batasan organisasi berdasarkan
struktur dan aturan pemerintah.
b)
Sistem organisasi yang dihasilkan menentukan kekuatan,
pengaruh, kepentingan, kompetensi, dan kemampuan politik orang-orang yang mampu
bertindak dalam sistem tersebut.
c)
Untuk beroperasi secara efektif dan efisien, manajer
proyek perlu memahami dimana tanggung jawab, akuntabilitas, dan wewenang dalam
organisasi.
3.
Susunan Organisasi Pelaksana Proyek:
a) Struktur
Organisasi Pemberi Tugas (Owner)
b) Pengguna
Anggaran
c) Pemegang
Kas
d) Pembukuan.
e) Juru
Bayar
f) Pengawas
Lapangan
g) Laboratory
Technician
4.
Elemen Manajemen:
a)
Pembagian kerja berdasarkan keterampilan khusus dan
ketersedian untuk melakukan pekerjaan
b)
Wewenang yang diberikan untuk melakukan pekerjaan
c)
Tanggung jawab untuk melakukan pekerjaan dengan tepat
yang ditugaskan berdarkan atribut seperti keterampilan dan pengalaman
d)
Disiplin Tindakan
e)
Kesatuan perintah
f)
Kesatuan arahan
g)
Tujuan umum organisasi lebih diutamakan daripada tujuan
individu
h) Dibayar secara adil untuk pekerjaan yang dilakukan
DAFTAR
PUSTAKA
Buulolo, Progresif. 2021. Fungsi Organisasi dalam Manajemen
Proyek. Jurnal Riset dan Manajemen Bisnis PARETO. Vol. 6. No. 2 Sept 2021.
Gray, Clifford, F.
2006. Project Management - Organization Structure and Culture. The McGraw
Hill.Companies. West Alabama.
Jaya, Safitri. 2017.
Manajemen Proyek Teknologi Informasi. Universitas Pembangunan Jaya. Jakarta.
Tauhida,
Dina. 2021. Manajemen Proyek - Organisasi Proyek. Dalam : https://youtu.be/wvgGIiWpU8Q
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.