Oleh : Nur Qalby Nabila Haswadi (A18-NABILA)
Pengertian
Komunikasi
Komunikasi
merupakan sebuah proses yang melibatkan penggunaan kata- kata, bunyi, tanda,
atau tingkah laku untuk mengekspresikan atau menukar informasi atau untuk
menyampaikan ide, pemikiran, atau perasaan, kepada orang lain. Komunikasi
adalah apa yang dipahami oleh pendengar, bukan apa yang dikatakan oleh
pembicara. Komunikasi telah diketahui sebagai salah satu faktor penting yang
dapat menyebabkan gagal atau sukses nya suatu proyek (Rose, 2013). Komunikasi
berperan penting dalam mencapai tujuan tersebut. Komunikasi menurut ruang
lingkupnya dapat dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu: komunikasi internal dan
komunikasi eksternal. Berjalannya komunikasi internal dan komunikasi eksternal
secara baik dapat mendukung terciptanya hubungan yang baik dengan customer.
Manajemen
Komunikasi Proyek
Manajemen
komunikas proyek merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang manajer
proyek dengan tujuan utama agar adanya jaminan bahwa semua informasi mengenai
proyek akan sampai tepat waktu, dibuat dengan tepat, dikumpulkan, dibagikan,
disimpan, dan diatur dengan tepat pula. Komunikasi yang buruk dapat menyumbang
angka kegagalan pada sebuah proyek. Manajemen komunikasi proyek merupakan aspek
yang penting dalam manajemen proyek. Hal ini dikarenakan komunikasi yang
efektif merupakan jembatan yang menghubungkan antara stakeholder dengan budaya
dan latar belakang organisasi yang berbeda, keahlian yang berbeda, sudut
pandang dan minat yang berbeda, dimana akan berpengaruh terhadap pelaksanaan
proyek.
Salah satu kunci sukses untuk kesuksesan proyek adalah komunikasi
yang efektif. Kurangnya komunikasi dengan baik secara signifikan memberikan pengaruh
yang negatif pada kualitas koordinasi kerja. Komunikasi yang jelek merupakan
sumber konflik yang sering terjadi antar pribadi. Untuk menyimpulkan bahwa
salah satu kekuatan yang paling menghambat suksesnya kinerja kelompok adalah
kurangnya komunikasi yang efektif. Masalah komunikasi, konflik, dan kekacauan merupakan
faktor yang dapat menghambat pelaksanaan proyek dan pengaturan tim proyek, pada
proyek skala menengah dan besar, faktor komunikasi antar anggota proyek
sangatlah penting, mengingat banyaknya individu yang tersebar di beberapa
tempat bahkan area geografis yang berbeda.
Manajemen komunikasi proyek meliputi semua proses yang memastikan
kesesuaian dan ketepatan dalam perencanaan, pengumpulan, pembuatan, penyebaran,
penyimpanan, pengembalian, pengelolaan, pengontrolan, pengamatan, dan status
dari informasi proyek (Rose, 2013). Sejak 1956, Kenneth Boulding telah
mengidentifikasikan bahwa komunikasi adalah masalah yang dapat timbul saat sistem
integrasi (Kerzner, 2010). Manajemen komunikasi proyek merupakan salah satu
area pengetahuan project management. PMBOK Guide, the project management body
of knowledge digunakan sebagai salah satu acuan manajemen proyek, dimana salah
satu area pengetahuannya adalah manajemen komunikasi proyek.
Tahapan
Manajemen Komunikasi
1. Perencanaan komunikasi : Menentukan informasi dan komunikasi
kebutuhan para pemangku kepentingan
2. Distribusi Informasi : Membuat informasi yang diperlukan
tersedia untuk para pemangku kepentingan proyek tepat pada waktunya
3. Pelaporan Kinerja : Pengumpulan dan penyebaran informasi
kinerja, termasuk laporan, proses pengukuran, dan perencanaan
4. Mengelola stakeholders : Mengelola komunikasi untuk memenuhi kebutuhan dan harapan dari stakeholder proyek dan untuk menyelesaikan masalah
Perencanaan komunikasi
Perencanaan komunikasi merupakan proses yang sangat penting dalam
proyek, mengingat seringnya kegagalan proyek terkait dengan kegagalan
komunikasi, perencanaan komunikasi meliputi :
a.
Membuat analisis stakeholder untuk komunikasi
proyek juga membantu dalam perencanaan komunikasi
b.
Informasi yang akan dikomunikasikan, termasuk
format, konten, dan tingkat rincian.
c. Metode atau teknologi yang disarankan untuk menyampaikan informasi.
Proses
Utama Manajemen Komunikasi Proyek
- Komunikasi Perencanaan
Menentukan informasi dan kebutuhan komunikasi para pemangku kepentingan: yang membutuhkan informasi apa, kapan mereka akan membutuhkannya, dan bagaimana hal itu akan diberikan kepada mereka Distribusi Informasi pembuatan informasi yang diperlukan tersedia bagi stakeholder proyek secara tepat waktu. - Kinerja Pelaporan
Mengumpulkan dan menyebarkan informasi kinerja. Ini termasuk laporan status, pengukuran kemajuan, dan peramalan informasi Penutupan yang menghasilkan, mengumpulkan, dan menyebarkan Administrasi untuk meresmikan fase atau penyelesaian proyek.
KESIMPULAN
Perencanaan,
distribusi, dan laporan kerja komunikasi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja proyek. Salah satu kunci sukses untuk kesuksesan proyek adalah
komunikasi yang efektif. Kurangnya komunikasi dengan baik secara signifikan
memberikan pengaruh yang negatif pada kualitas koordinasi kerja. Manajemen komunikasi
proyek termasuk proses yang diperlukan untuk memastikan bahwa informasi dalam
proyek dibuat dengan tepat dan cepat, baik dalam segi pengumpulan, diseminasi,
penyimpanan, dan disposisi. Komunikasi yang buruk dapat menyumbang angka
kegagalan pada sebuah proyek
DAFTAR
PUSTAKA
Rose, K. H. 2013. A Guide to the Project Management Body of
Knowledge (PMBOK® Guide)—Fifth Edition. Project management journal, 44(3),
e1-e1
Kerzner, H. 2010. Organizing and staffing the project office and
team. Project Management: A Systems Approach to Planning, Scheduling, and
Controlling, 141-144.
MODUL PPT 10. Manajemen Komunikasi Proyek . Universitas Mercu
Buana. Jakarta .2022
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.