Oleh : Ellyza Tri Septianingrum (@A14-Ellyza)
1. Komunikasi
dalam proyek memiliki arti penting, yaitu komunikasi yang buruk dapat
menyumbang angka kegagalan pada sebuah proyek. Selain itu hasil riset
menunjukkan bahwa banyak professional TI tidak mampu melakukan komunikasi yang
baik
2. Defini
dari manajemen komunikasi proyek sendiri ialah kompetensi yang harus dimiliki
oleh seorang manajer proyek dengan tujuan utama adalah agar adanya jaminan
bahwa semua informasi mengenai proyek akan sampai tepat pada waktunya, dibuat
dengan tepat, dikumpulkan, dibagikan, disimpan dan diatur dengan tepat pula.
3. Dalam
manajemen komunikasi peroyek terdapat dua proses utama, yaitu :
1) Komunikas
Perencanaan
Menentukan informasi
dan kebutuhan komunikasi para pemangku kepentingan yang membutuhkan informasi
apa, kapan, mereka akan membutuhkannya, dan bagaimana hal tersebut akan
diberikan kepada mereka
2) Kinerja
Pelaporan
Mengumpulkan dan
menyebarkan informasi kinerja. Ini termasuk laporan status, pengukuran kemajuan,
dan peramalan informasi penutupan yang menghasilkan , mengumpulkan dan
menyebarkan administrasi untuk meresmikan fase atau penyelesaian proyek
4. Terdapat
beberapa tahapan dalam manajemen komunikasi, yaitu
A. Perencanaan
komunikasi
Menentukan informasi
dan komunikasi kebutuhan para pemangku kepentingan
B. Distribusi
Informasi
Membuat informasi yang
diperlukan tersedia untuk para pemangku kepentingan proyek tepat
pada waktunya
C. Pelaporan
Kinerja
Pengumpulan dan
penyebaran informasi kinerja, termasuk laporan, proses pengukuran, dan
perencanaan
D. Mengelola
stakeholders
Mengelola komunikasi
untuk memenuhi kebutuhan dan harapan dari stakeholder proyek dan
untuk menyelesaikan masalah
5. Dalam
manajemen komunikasi proyek juga terdapat saran peningkatan komunikasi yang
dapat digunakan oleh perusahaan maupun pekerja. Berikut adalah saran saran yang
dapat diterapkan :
Ø Kelola
konflik secara efektif.
Ø Kembangkan
keterampilan komunikasi yang lebih baik.
Ø Jalankan
rapat yang efektif.
Ø Gunakan
e-mail secara efektif.
Ø Gunakan
template untuk komunikasi proyek.
KESIMPULAN
Komunikasi proyek adalah kompetensi yang harus
dimiliki oleh seorang manajer proyek dengan tujuan utama adalah agar adanya
jaminan bahwa semua informasi mengenai proyek akan sampai tepat pada waktunya,
dibuat dengan tepat, dikumpulkan, dibagikan, disimpan dan diatur dengan tepat
pula. Komunikasi yang buruk dapat menyumbang angka kegagalan pada sebuah
proyek. Oleh karena itu dalam manajemen komunikasi proyek terdapat saran
peningkatan komunikasi yang dapat digunakan oleh perusahaan diantaranya seperti
mengelola konflik secara efektif, mengembangkan keterampilan komunikasi yang
lebih baik, dan sebagainya.
Daftar
Pustaka :
Jaya,
Safitri. 2022. PPT Manajemen Komunikasi Proyek. Dalam : https://umb-post.mercubuana.ac.id/mod/resource/view.php?id=441415
Anonim.
2022. PPT Chapter 10 Manajemen Komunikasi Proyek. Dalam : https://umb-post.mercubuana.ac.id/mod/resource/view.php?id=441424
Annisa, 2019.
Manajemen
Komunikasi Proyek: Studi Kasus Perusahaan Berbasis
Engineering, Procurement, Construction dan Manufacturing (EPCM)
Kawasan Industri Jababeka
Cikarang. Dalam : https://umb-post.mercubuana.ac.id/mod/resource/view.php?id=441471
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.