Halaman

10 November 2022

Strategi Penerapan Komunikasi yang Baik dalam Manajemen Proyek

 


Oleh    : Ellyza Tri Septianingrum (@A14-Ellyza)

1.      Komunikasi dalam proyek memiliki arti penting, yaitu komunikasi yang buruk dapat menyumbang angka kegagalan pada sebuah proyek. Selain itu hasil riset menunjukkan bahwa banyak professional TI tidak mampu melakukan komunikasi yang baik

2.      Defini dari manajemen komunikasi proyek sendiri ialah kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang manajer proyek dengan tujuan utama adalah agar adanya jaminan bahwa semua informasi mengenai proyek akan sampai tepat pada waktunya, dibuat dengan tepat, dikumpulkan, dibagikan, disimpan dan diatur dengan tepat pula.

3.      Dalam manajemen komunikasi peroyek terdapat dua proses utama, yaitu :

1)      Komunikas Perencanaan

Menentukan informasi dan kebutuhan komunikasi para pemangku kepentingan yang membutuhkan informasi apa, kapan, mereka akan membutuhkannya, dan bagaimana hal tersebut akan diberikan kepada mereka

2)      Kinerja Pelaporan

Mengumpulkan dan menyebarkan informasi kinerja. Ini termasuk laporan status, pengukuran kemajuan, dan peramalan informasi penutupan yang menghasilkan , mengumpulkan dan menyebarkan administrasi untuk meresmikan fase atau penyelesaian proyek

4.      Terdapat beberapa tahapan dalam manajemen komunikasi, yaitu

A.    Perencanaan komunikasi

Menentukan informasi dan komunikasi kebutuhan para pemangku kepentingan

B.     Distribusi Informasi

Membuat informasi yang diperlukan tersedia untuk para pemangku kepentingan    proyek tepat pada waktunya

C.     Pelaporan Kinerja

Pengumpulan dan penyebaran informasi kinerja, termasuk laporan, proses pengukuran, dan perencanaan

D.    Mengelola stakeholders

Mengelola komunikasi untuk memenuhi kebutuhan dan harapan dari    stakeholder proyek dan untuk menyelesaikan masalah

5.      Dalam manajemen komunikasi proyek juga terdapat saran peningkatan komunikasi yang dapat digunakan oleh perusahaan maupun pekerja. Berikut adalah saran saran yang dapat diterapkan :

Ø  Kelola konflik secara efektif.

Ø  Kembangkan keterampilan komunikasi yang lebih baik.

Ø  Jalankan rapat yang efektif.

Ø  Gunakan e-mail secara efektif.

Ø  Gunakan template untuk komunikasi proyek.

 

KESIMPULAN

Komunikasi proyek adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang manajer proyek dengan tujuan utama adalah agar adanya jaminan bahwa semua informasi mengenai proyek akan sampai tepat pada waktunya, dibuat dengan tepat, dikumpulkan, dibagikan, disimpan dan diatur dengan tepat pula. Komunikasi yang buruk dapat menyumbang angka kegagalan pada sebuah proyek. Oleh karena itu dalam manajemen komunikasi proyek terdapat saran peningkatan komunikasi yang dapat digunakan oleh perusahaan diantaranya seperti mengelola konflik secara efektif, mengembangkan keterampilan komunikasi yang lebih baik, dan sebagainya.

 

Daftar Pustaka :

Jaya, Safitri. 2022. PPT Manajemen Komunikasi Proyek. Dalam : https://umb-post.mercubuana.ac.id/mod/resource/view.php?id=441415

Anonim. 2022. PPT Chapter 10 Manajemen Komunikasi Proyek. Dalam : https://umb-post.mercubuana.ac.id/mod/resource/view.php?id=441424

Annisa, 2019. Manajemen Komunikasi Proyek: Studi Kasus Perusahaan Berbasis Engineering, Procurement, Construction dan Manufacturing (EPCM) Kawasan Industri Jababeka Cikarang. Dalam : https://umb-post.mercubuana.ac.id/mod/resource/view.php?id=441471

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Manajemen Proyek (Kumpulan Video Semester Ganjil 22-23)

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK PENGEMBANGAN ORGANISASI PROYEK PEMBIAYAAN PROYEK RUANG LINGKUP ...